Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat Mendeklarasikan Cakupan Peserta Pertama di Provinsi Nusa Tenggara Barat

Penulis : Humas Dibaca : 2269 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 17 Feb 2017 14:47:41
SUMBAWA BARAT (16/02/2017):  Dalam rangka mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), peran Pemerintah Daerah diharapkan hadir dalam upaya meningkatkan kualitas program JKN-KIS sesuai dengan amanat UU Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Saat ini sudah banyak Pemerintah Daerah yang mengintegrasikan program jaminan kesehatan daerah (Jamkesda), dan Kabupaten Sumbawa Barat telah turut serta mengintegrasikan program tersebut ke skema JKN-KIS.

“Pemda menjadi tulang punggung implementasi program strategis nasional, termasuk di dalamnya Program JKN-KIS. Dukungan dan peran serta Pemda sangatlah menentukan dalam memaksimalkan program JKN-KIS, setidaknya terdapat 3 peran penting diantaranya memperluas cakupan kepesertaan, meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, dan peningkatan tingkat kepatuhan,” jelas Direktur Kepesertaan dan Pemasaran BPJS Kesehatan, Andayani Budi Lestari saat menghadiri Upacara Pencanangan Aksi Pengentasan Kemiskinan Daerah dan Pengukuhan Agen Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong se-Kabupaten Sumbawa Barat, yang didalamnya terdapat penyerahan Kartu Pariri Sehat (Kartu Jamkesda Sumbawa Barat yang diintegrasikan oleh Program JKN-KIS)

Andayani menambahkan, pertumbuhan peserta Program JKN-KIS terbilang cukup pesat. Memasuki tahun ke-empat dalam mengelola jaminan kesehatan, jumlah kepesertaan BPJS Kesehatan per 10 Februari 2017 telah mencapai lebih dari 174.324.644 jiwa atau hampir mencapai 70% dari total penduduk Indonesia. Dan hingga saat ini, dari 514 Kabupaten/Kota di Indonesia, 441 Kabupaten/Kota dari 32 Provinsi telah mengintegrasikan Jamkesda-nya ke BPJS Kesehatan dengan jumlah kepesertaan 16 juta jiwa. 

“Besar harapan kami, di akhir tahun 2017 ini seluruh Jamkesda dapat terintegrasi dalam Program JKN-KIS, dan seluruh Pemerintah Daerah dapat mendukung terwujudnya Universal Health Coverage bagi penduduk di daerah masing-masing melalui Program JKN-KIS, sehingga program ini dapat semakin dirasakan manfaatnya oleh seluruh Rakyat Indonesia,” jelas Andayani.

Kabupaten Sumbawa Barat adalah salah satu kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kabupaten terletak di bagian barat pulau Sumbawa dengan luas wilayah 1.636,95 km persegi dan jumlah penduduk sebesar 132.853 jiwa. Kabupaten Sumbawa Barat menjadi kabupaten yang pertama di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang seluruh penduduknya telah terintegrasi Program JKN-KIS. Khusus di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat total kepesertaan yang telah masuk dalam program JKN-KIS adalah sebanyak 127.841 jiwa atau sebanyak 96,3% dari total jumlah penduduk. Adapun jumlah peserta yang diintegrasikan dengan program Pariri Sehat (Jamkesda Sumbawa Barat) ke Program JKN-KIS sebanyak 39.196 jiwa.
“Kami sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat, juga Pemerintah Kabutapen/Kota yang telah mengintegrasikan program ini. Ke depan peran serta Pemda bukan hanya dari sisi pembiayaan, namun bagaimana mengoptimalkan kualitas dan mutu pelayanan kesehatan sehingga derajat kesehatan masyarakat semakin meningkat, dan kami siap untuk bekerja bersama-sama,” ujar Andayani.


File :