Agar Survive di Era JKN-KIS, Faskes Harus Berubah

Penulis : Humas Dibaca : 965 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 01 Nov 2017 16:43:08
Kehadiran program JKN-KIS merupakan momentum yang pas bagi rumah sakit untuk berbenah dan menata pengelolaan keuangannya menjadi lebih efektif dan efisien, tanpa menomorduakan aspek kualitas pelayanan kesehatan kepada pasien. Kesediaan manajemen rumah sakit dan segenap jajaran tenaga medis untuk beradaptasi dengan sistem managed care dan INA-CBG’s pun menjadi kunci penting dalam menentukan apakah RS tersebut mampu survive di era JKN-KIS.

“Banyak konsep pemahaman yang harus diubah dalam menyediakan pelayanan. Dulu saat masih menganut model pembayaran fee for service, makin banyak pelayanan yang diberikan, makin banyak keuntungan yang didapat. Sekarang hampir empat tahun JKN-KIS berjalan, semestinya fasilitas kesehatan yang berkerja sama dengan BPJS Kesehatan sudah mampu beradaptasi dengan sistem managed care yang lebih fair, baik bagi fasilitas kesehatan maupun bagi pasien JKN-KIS,” terang Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan Maya Amiarny Rusady, yang menjadi pembicara dalam acara The 2nd International Conference on Hospital Administration.

Maya menjelaskan, beberapa RS Swasta dan RS BLUD yang berhasil memetik ‘surplus’ dari pengelolaan pasien JKN-KIS pada umumnya adalah RS yang telah mampu mengelola secara efisien, memiliki budaya sadar biaya, memperbaiki performa tim administrasi klaim JKN-KIS serta memiliki komitmen yang tinggi dari para dokter spesialisnya dalam melayani pasien sesuai clinical pathway.

“Selain ada komitmen manajemen serta tenaga medis untuk berubah dan beradaptasi dengan managed care, kemampuan RS untuk survive juga bergantung pada peningkatan kualitas layanan, pembangunan inovasi yang memberi kemudahan bagi pasien, serta pengembangan teknologi informasi untuk memperingkas prosedur pelayanan. Intinya, saat ini industri kesehatan harus beradaptasi dengan kebutuhan masyarakat dan regulasi yang ada. Jika berhasil, RS tak hanya akan survive, namun juga dapat berkembang secara signifikan,” ungkap Maya.

File :