BPJS Kesehatan Raih Penghargaan Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA)

Penulis : Humas Dibaca : 441 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 24 Nov 2017 13:48:57
Jakarta (24/11/2017) :  BPJS Kesehatan menerima penghargaan dari Indonesian Customer Satisfaction Award sebagai The Best in Achieving Total Customer Satisfaction dalam kategori Health Insurance. Penghargaan diterima oleh Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, Andayani Budi Lestari di Hotel Shangrila (22/11). 

Menurut Andayani Budi Lestari, dalam meningkatkan pelayanan dan kepuasan kepada peserta yang juga menjadi salah satu Fokus Utama BPJS Kesehatan di tahun 2017, BPJS Kesehatan terus mengembangkan berbagai terobosan dan inovasi, meningkatkan mutu pelayanan serta mempercepat cakupan kepesertaan. 

“Dimulai dari memperluas kanal pelayanan atau point of service sehingga pelayanan pendaftaran kepesertaan bisa dilakukan di Kantor BPJS Kesehatan dengan System Drop Box, Bank dan Lippo Mall, Mobile JKN dan Website BPJS Kesehatan, Card Center, BPJS Kesehatan Care Center 1500-400, Mobile Customer Service,Kecamatan dan BPTSP dan melalui Kader JKN. Selain itu dilakukan pengembangan layanan aduan informasi melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500-400 di dalamnya terdapat layanan pemberian informasi ,pelayanan pengaduan, pendaftaran, teleconsulting, dan aplikasi di website yaitu Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan atau SIPP,” beber Andayani.

Andayani menambahkan, juga dilakukan perluasan Channel Pembayaran dengan pembayaran iuran melalui ATM, sms banking dan internet banking, meningkatkan kerjasama Payment Point Online Banking (PPOB) Tradisional maupun Modern di supermarket, minimarket, Kantor Pos, hingga Tokopedia. Serta yang baru saja di launching yaitu pengembangan aplikasi di smartphone melalui Mobile JKN dimana di dalamnya terdapat fitur layanan pendaftaran, cek iuran, skrining riwayat kesehatan, lokasi fasilitas kesehatan, serta fitur perubahan data peserta. 

“Saat ini jumlah titik pembayaran iuran JKN-KIS telah mencapai lebih dari 600.000 titik. Kemarin juga baru diteken kerjasama pembayaran iuran melalui aplikasi GO-JEK dalam fitur GO-BILLS, juga kerjasama dengan CT Corps (Transmart), aplikasi OVO dan OY Indonesia. Dengan berbagai kemudahan ini, kami berharap animo peserta JKN-KIS di berbagai daerah untuk membayar iuran tepat waktu dapat meningkat, sehingga sustainibilitas program JKN-KIS terus terjaga. Ke depannya secara bertahap kami akan terus memperluas kanal pembayaran dan mencanangkan strategi yang untuk memberi lebih banyak kemudahan dan manfaat bagi peserta JKN-KIS,” kata Andayani.

Hasil survei dari PT Swasembada, di tahun 2016 angka kepuasan peserta JKN-KIS mencapai 78.6%, sementara indeks kepuasan fasilitas kesehatan yang melayani pasien JKN-KIS secara total 76,2%, FKTP adalah 76,3% dan FKRTL 76,3%. Angka tersebut sampai saat ini masih berada di atas dari angka yang ditetapkan pemerintah.

Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) merupakan ajang pemberian penghargaan tahunan terhadap perusahaan-perusahaan terbaik di Indonesia yang berprestasi dalam hal memberikan kepuasan terhadap seluruh pelanggan/konsumen yang diprakarsai oleh Majalah SWA Sembada dan Frontier Marketing Research, konsultan riset kepuasan pelanggan.

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, untuk tahun 2017 ini survei Indonesian Customer Satisfaction Index (ICSI) dilakukan terhadap lebih dari 5.700 responden yang tersebar di 6 (enam) kota besar di Indonesia, diantaranya di Makassar, Medan, Surabaya, Semarang, Bandung dan Jakarta.

Survei tersebut dilakukan terhadap puluhan kategori produk, mulai dari consumer goods, food and beverage, farmasi, elektronik, hingga otomotif. Adapun responden untuk survei tersebut berusia antara 15-65 tahun, pengguna produk dan jasa dengan tingkat pengeluaran A sampai E.                        


File :