BPJS Kesehatan Wamena Cek Distribusi KIS Hingga ke Daerah Terisolir

Penulis : Humas Dibaca : 1056 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 01 Jan 2018 00:00:00
Wamena (01/01/2018) : Kondisi medan yang sangat sulit berupa lembah, perbukitan, gunung dan sungai-sungai serta hutan rimba yang lebat merupakan sebuah tantangan dan hambatan yang mungkin tidak terdapat di hampir semua wilayah kerja BPJS Kesehatan di Indonesia.

Walaupun begitu, tidak menyurutkan para Duta BPJS Kesehatan Kantor Cabang Wamena untuk terus melayani masyarakat dengan tuntas untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat tanpa memandang suku, agama dan ras.

Untuk memastikan kartu JKN-KIS telah terdistribusi di fasilitas kesehatan di daerah-daerah terpencil dan terisolir, BPJS Kesehatan Cabang Wamena melakukan spot check JKN-KIS di sejumlah kabupaten, yakni Kabupaten Lanny Jaya, Kabupaten Mamberamo Tengah, Kabupaten Yalimo dan Kabupaten Tolikara.

“Sebelum ada program JKN-KIS, ada rasa khawatir untuk datang berobat di fasilitas kesehatan karena biaya berobat yang tidak pasti dan dirasakan mahal. Sekarang tidak lagi karena semua dijamin,” ujar Nabet Tabuni, salah satu warga setempat, sambil menunjukkan KIS.

Tambahnya, kini dengan adanya program JKN-KIS oleh pemerintah, masyarakat di kampung-kampung terpencil di Papua tidak lagi cemas untuk datang berobat di puskesmas yang tidak jauh dari perkampungan mereka.

"Walaupun untuk menempuh fasilitas kesehatan tersebut membutuhkan perjuangan yang cukup berat karena harus melintasi perbukitan, hutan dan sungai-sungai, tapi dari segi biaya berobat kami merasa aman karena ada JKN-KIS," ungkap Nabet.

File :