Pastikan Pelayanan Berjalan Baik, Direktur Utama BPJS Kesehatan Sambangi RSUD Arifin Achmad Pekanbaru

Penulis : Humas Dibaca : 138 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 12 Feb 2018 00:00:00
Pekanbaru, (12/02/2018) – Didampingi oleh Direktur RSUD Arifin Achmad, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris, melihat proses pelayanan kesehatan di Rumah Sakit milik pemerintah tersebut. Selama kunjungan, Dirut BPJS Kesehatan mengunjungi beberapa tempat yaitu Poli umum, Loket pembayaran, Poli THT, Poli penyakit dalam dan yang lainnya. Senin (12/02)

Selama melakukan kunjungan, Fachmi Idris juga berinteraksi dengan peserta yang sedang menunggu antrian. Hal-hal yang ditanyakan kepada peserta adalah bagaimana pelayanan yang diberikan oleh RS, apakah kepesertaan peserta aktif dan apakah ada kendala saat melakukan pembayaran iuran JKN – KIS.

“Alhamdulillah pelayanan di RSUD Arifin Achmad baik, saya sudah beberapa kali berobat kesini (RSUD Arifin Achmad, red) dan belum pernah kecewa atas pelayanannya. Saya peserta mandiri kelas III dan sampai sekarang kepesertaan saya masih aktif karna tidak ada kendala saat membayar iuran” jawab peserta.

Selain dengan pasien, Fachmi yang didampingi juga oleh Deputi Direksi Wilayah BPJS Kesehatan Sumbagteng Jambi, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Pekanbaru dan Kepala Bidang PMR Cabang Pekanbaru juga berbincang dengan petugas medisi di poli Umum RS.

“Saya sangat berterimakasih kepada teman-teman sejawat telah memberikan pelayanan yang terbaik bagi peserta JKN – KIS” apresiasi Fachmi.

Selama kunjungan, Fachmi Idris tertarik dengan inovasi yang dilakukan RSUD Arifin Achmad perihal pendaftaran pasien yang dilakukan dengan SMS. “Peserta tidak perlu datang pagi-pagi ke RS dan menunggu lama untuk melakukan pendaftaran. Cukup dengan mengirimkan SMS 2 (dua) hari sebelum mengunjungi RS” jelas Direktur RSUD, Nuzelly Husnedi.

Calon pasien cukup mengirimkan SMS ke 0811-7670-047 sesuai format dan kode poli tujuan yang telah di tentukan sebelumnya, setelah mengirimkan SMS tersebut, calon pasien akan mendapatkan balasan nomor urut pendaftaran ke poli tujuan.

“Saya akan bawa inovasi ini untuk di terapkan juga di RS lain yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan untuk meningkatka kualitas layanan peserta, di wilayah kerja BPJS Kesehatan Sumbagteng Jambi, baru RSUD Arifin Achmad yang menerapkan system pendaftaran menggunakan SMS” ujar Fachmi.

Menurut Nuzelly, pendaftaran melalui SMS ini dilakukan agar seluruh lapisan masyarakat tidak kesulitan mengakses inovasi-inovasi yang kita lakukan karena mengingat RSUD Arifin Achmad adalah pusat rujukan di Provinsi Riau sehingga masyarakat-masyarakat di Kabupaten juga dapat dengan mudah menggunakannya.

Hasil dari pertemuan dua pimpinan institusi tersebut, akan mengoptimalkan bridging system yang sebelumnya telah diterapkan, “BPJS Kesehatan dan RSUD Arifin Achmad akan mengembangkan bridging system Aplicares, dengan adanya pegembangan ini masyarakat dapat mengetahui ketersediaan tempat tidur di RSUD Arifin Achmad” Ujar Fachmi. (aw)

File :