Bantuan JKN-KIS Melebihi Bayangan Mama Garce

Penulis : Humas Dibaca : 703 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 03 Mar 2018 00:00:00
Wamena (03/03/2018) :  Garce Yikwa (52) adalah peserta JKN-KIS PBI APBN yang setidaknya hampir satu tahun menderita penyakit katarak di kedua matanya. Sehari-hari Mama Garce, sapaan yang biasa di panggil oleh kerabat, bekerja di kebun miliknya untuk dijual ke pasar. Setiap orang di sekitar tempa tinggalnya paham betul bahwa Mama Grace selalu bekerja tanpa mengenal lelah demi anak-anak dan keluarga.

“Satu tahun yang lalu, saya merasa penglihatan kurang jelas dari hari ke hari. Saya belum pergi berobat, karena masih mengobatinya dengan obat tradisional. Namun, dari hari ke hari penglihatan saya semakin kabur. Selama 1 tahun tersebut, saya tidak berani memeriksakan kondisi mata saya disebabkan oleh kondisi ekonomi keluarga dan juga rasa khawatir untuk memeriksa kondisi mata saya ke dokter," ungkap Mama Garce.

Melihat kondisi Mama Garce yang memburuk kian harinya, akhirnya keluarganya pun membujuk Mama Garce untuk berobat ke salah satu Puskesmas di Wamena untuk memeriksakan kondisi matanya. Dari hasil pemeriksaan tersebut, dokter di Puskesmas pun memutuskan untuk merujuknya ke RSUD karena katarak yang diderita cukup parah dan membutuhkan penanganan lebih lanjut.

“Saat itu dokter Puskesmas menyatakan bahwa harus ditangani oleh dokter spesialis mata di RSUD. Berbekal rujukan tersebut, saya dan keluarga pergi berobat ke RSUD dengan perasaan khawatir atas biaya perobatan yang harus kami siapkan,” tambahnya.

Mama Garce sempat bimbang untuk meneruskan niatnya berobat ke rumah sakit. Biaya operasi katarak baginya sangatlah besar, terlebih ia hanya bergantung pada hasil kebunnya sebagai mata pencaharian sehari-hari. Namun betapa terkejutnya ia ketika biaya operasi katarak yang dikeluarkan terbilang nol rupiah.

“Saya dan keluarga sangat bersyukur, ternyata kartu yang kami tunjukkan kepada petugas kesehatan pada saat berobat di RSUD, dinyatakan dapat dijamin melalui program JKN-KIS. oleh salah satu dokter yang menangani saya sehingga tidak ada biaya 1 rupiah yang kami keluarkan,” katanya sambil tak henti-henti mengucap syukur.

Mama Garce mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah mencanangkan program kesehatan untuk masyarakat yang tidak mampu. Tanpa ragu ia pun mengungkapkan bahwa program JKN-KIS telah menolongnya lebih jauh daripada yang ia bayangkan.

File :