Mobil Curhat, Inovasi Baru untuk Peserta JKN-KIS

Penulis : Humas Dibaca : 760 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 10 Mar 2018 00:00:00
Mobil Curhat adalah salah satu inovasi terbaru dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Kabupaten Konawe Selatan. Mobil Curhat hadir untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat, menghilangkan keraguan di hati masyarakat yang wilayahnya jauh dari klinik dan tidak memiliki kesempatan untuk memeriksakan kesehatannya.

Mbayo Ridwan Sandi adalah salah satu Dokter di Kabupaten Konawe Selatan yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan sejak tahun 2014. Dokter Praktik Perorangan ini terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan membuat inovasi terbaru yaitu mobil curhat yang siap mengunjungi masyarakat dan menjawab seluruh permasalahan terkait kesehatan.

Di Mobil Curhat ini warga bisa langsung memperoleh edukasi kesehatan dan pengecekan tes tekanan darah, gula darah dan pengobatan lainnya secara gratis baik yang telah menjadi peserta JKN-KIS ataupun yang belum menjadi peserta JKN-KIS. Bagi masyarakat yang membutuhkan tindakan lebih lanjut, disarankan untuk datang ke klinik langsung dan yang bisa di tangani pada saat itu juga, langsung di beri obat sesuai dengan indikasi medis.

“Mobil curhat kesehatan ini sebenarnya adalah ambulance pribadi yang memiliki fungsi ganda, selain sebagai salah satu sarana saat merujuk pasien juga sebagai mobil curhat kesehatan yang berkeliling ke rumah-rumah warga tiap dua minggu sekali atau paling lambat sebulan sekali dengan sasaran kami yaitu masyarakat lanjut usia yang rentan akan penyakit, kunjungan sehat ke masyarakat ini sebagai bentuk kemudahan pelayanan untuk masyarakat khususnya yang telah lanjut usia atau bahkan masyarakat rumahnya jauh dari fasilitas kesehatan sehingga tidak sempat memeriksakan kesehatannya di klinik, kami hadir dengan mobil curhat kesehatan dengan harapan ada peningkatan derajat kesehatan, ini juga sebagai bentuk komitmen kami memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta JKN-KIS ataupun masyarakat yang belum menjadi peserta,” Ujar Ridwan

Ridwan mengungkapkan bahwa antusiasme masyarakat saat Mobil Curhat ini singgah di kampung mereka sangat luar biasa. Masyarakat benar-benar mencurahkan isi hati mereka, mencurahkan apa yang mereka rasakan terkait dengan kesehatannya sehingga itu pulalah yang menggerakkan jiwa Ridwan untuk rutin melakukan kunjungan dengan mobil curhat ini. Selain melakukan pemeriksaan gratis, Ridwan juga melakukan sosialisasi terkait kepesertaan JKN-KIS bagi masyarakat yang belum menjadi peserta.

"Mobil Curhat yang diprakarsai oleh Dokter Prakter Perorangan di Kabupaten Konawe Selatan ini sangat bermanfaat, melakukan kunjungan langsung ke masyarakat, memberikan solusi terhadap keluhan kesehatan masyarakat, ini merupakan bentuk  peningkatan capaian kapitasi berbasis komitemen pelayanan, semoga dapat terus meningkatkan pelayanan kepada peserta JKN KIS," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari, Dina Diana Permata.

File :