Konsisten Bayar Iuran JKN-KIS Meski Kondisi Pas-Pasan

Penulis : Humas Dibaca : 406 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 07 Apr 2018 00:00:00
Bulukumba (07/04/2018) : Sebagai seorang wanita yang mulai memasuki usia yang kurang produktif, Muawiah (49) merasa kesehatannya mulai mengalami penurunan sehingga aktivitas maupun pekerjaan yang bisa dilakukan tiap harinya cenderung berkurang. Tidak hanya itu, sebagai seorang ibu rumah tangga Muawiah juga merasa tidak memiliki penghasilan cukup jika sewaktu-waktu kondisi kesehatannya menurun dan mengharuskannya untuk pergi memeriksakan kondisi kesehatannya atau berobat. Beruntung sejak tahun kemarin Muawiah mendengar informasi bahwa telah ada program pemerintah yang bernama JKN-KIS dari tetangga Muawiah yang telah memanfaatkan program tersebut.

"Setelah mendengar dan mengetahui betapa besar manfaatnya Program JKN-KIS, saya dan keluarga segera mendaftarkan diri di kelas perawatan kelas 2. Setelah setahun kepesertaan berjalan, saya baru merasakan sendiri manfaat dari kepesertaan program JKN-KIS tersebut," tutur Muawiah.

Seiring waktu berjalan, Muawiah merasa kondisi finansialnya kurang mendukung jika ia tetap menjadi peserta JKN-KIS kelas 2. Meski kondisi perekonomiannya tengah kurang baik, Muawiah tetap bertekad menjadi peserta JKN-KIS aktif, sehingga ia pun melakukan perubahan kelas perawatan dari sebelumnya kelas 2 menjadi kelas perawatan kelas 3.

"Saya pokoknya tetap mau bayar iuran mau bagaimanapun kondisinya. Apalagi sekarang biaya hidup juga pas-pasan. Tapi kami menguatkan diri agar jangan ada bulan yang terlewat bayar iuran JKN-KIS. Jangan sampai saya dan keluarga statusnya tidak aktif gara-gara iuran menunggak, nanti bagaimana kalau tiba-tiba harus ke puskesmas atau rumah sakit?" tuturnya.

Muawiah sempat berpikir proses pengurusan perubahan kelas kepesertaannya akan berbelit dan harus berulang kali datang ke kantor. Namun siapa sangka pada hari Rabu (26/03) lalu, Muawiah bertemu dengan salah satu petugas BPJS Kesehatan Kantor Cabang Bulukumba dalam sebuah program kunjungan peserta yang secara rutin dilakukan oleh BPJS Kesehatan setempat. Muawiah pun mendapat edukasi sekaligus bantuan dalam hal pengurusan perubahan data.

"Saya sangat bersyukur karena sebagai peserta Program JKN-KIS Muawiah sangat dimudahkan dalam hal akses pembayaran maupun pelayanan administrasi seperti perubahan kelas. Sebagai peserta saya merasa sangat terbantu dan merasa diperhatikan oleh BPJS Kesehatan dengan didatangi, diberikan informasi langsung, dan dibantu seperti ini. Saya juga mendapatkan banyak manfaat dengan menjadi peserta JKN-KIS,“ ucap Muawiah ketika ditemui di kediaman Muawiah di Desa Padang Loang Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba.

Bagi Muawiah, perubahan kelas kepesertaannya tidak begitu berarti karena hanya ruang rawat inapnya yang berubah, sedangkan pelayanan yang saya dapatkan tetap sama dengan kelas satu.

"Sama-sama bagusnya, sama cepatnya, dan perlakuan dari petugas fasilitas kesehatan juga tidak kalah baiknya," kata Muawiah. (AF/ep)

File :