Lupa Bawa Kartu? Tenang Ada KIS Digital!

Penulis : Humas Dibaca : 579 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 11 Apr 2018 00:00:00
Menyikapi perkembangan teknologi dalam dunia kesehatan, BPJS Kesehatan yang merupakan lembaga yang bertugas dalam mengelola jaminan kesehatan bagi penduduk di Indonesia sesuai amanat Undang-undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, kini mengembangkan sebuah aplikasi mobile berbasis Android dan Ios penunjang pelayanan kesehatan, yaitu Mobile JKN. Pengembangan aplikasi berbasis Android dan Ios ini didasari kehidupan penduduk saat ini yang tidak lepas dari teknologi berbasis ponsel. Hampir semua penduduk Indonesia saat ini memiliki ponsel.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok, Maya Febriyanti Purwandari mengatakan bahwa pengembangan aplikasi Mobile JKN berbasis ponsel ini bertujuan untuk memudahkan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) mengakses data peserta dan informasi tentang JKN-KIS, Rabu (11/04).

Maya mengungkapkan bahwa saat ini juga telah dikembangkan fitur kartu peserta digital pada aplikasi Mobile JKN. Kartu digital ini berfungsi untuk memudahkan peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan pada fasilitas kesehatan. Jika Peserta lupa atau tidak membawa kartu JKN-KIS miliknya, maka peserta dapat menggunakan kartu digital pada aplikasi Mobile JKN sebagai pengganti kartu fisik dan selanjutnya peserta telah dapat dilayani. Jadi dengan dikembangkannya kartu digital ini, peserta tidak perlu khawatir lagi bawa atau tidak kartu karena selama kartu peserta berstatus aktif maka dapat dilayani sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Dengan dikembangkannya kartu digital ini, maka peserta JKN-KIS dapat menghemat waktu, biaya, dan tenaga. Jadi peserta tidak perlu buang waktu, biaya, dan tenaga pulang ke rumah mengambil kartu jika ingin mengakses pelayanan kesehatan pada fasilitas kesehatan. Silahkan menggunakan kartu digital," ungkap Maya.

Maya mengajak kepada masyarakat agar mengunduh aplikasi Mobile JKN yang ada playstore dan appstore di ponsel masing-masing karena aplikasi Mobile JKN memiliki banyak fitur yang dapat memudahkan peserta.

File :