Tidak hanya seputar JKN-KIS, Para Veteran di Asahan Terima Info Seputar Pola Hidup Sehat

Penulis : Humas Dibaca : 474 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 14 May 2018 00:00:00
Asahan (14/05/2018) : Bertempat di aula Markas Kodim 0208 Asahan, BPJS Kesehatan melaksanakan kegiatan sosialisasi yang dikemas dengan nama Pemberian Informasi Langsung (PIL). Dalam rangka tercapainya peningkatan kepuasan peserta dan layanan kesehatan, maka BPJS Kesehatan melaksanakan kegiatan sosialisasi langsung kepada para veteran.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin (14/05/2018) lalu itu, dihadiri oleh Kepala Kantor Administrasi Veteran Cadangan (Kanminvetca) 1/10 Asahan Bim Frii Uno Purba, Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Asahan Bungaran Tua Pasaribu serta perwakilan bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan Desna Saragih.

Kegiatan Pemberian Informasi Langsung yang juga sekaligus diisi dengan pemberian Kartu Indonesia Sehat (KIS) sebagai pengganti kartu Askes veteran tersebut dihadiri oleh kurang lebih 45 orang dimana ada sekitar 20 orang peserta veteran yang hadir dan personel Kanminvetca Asahan 25 orang. Dalam kegiatan tersebut, antusiasme peserta terutama veteran cukup tinggi terutama masalah pelayanan di FKTP dan FKRTL serta tentang pola hidup sehat.

Desna Saragih sebagai pemateri eksternal dari Dinas Kesehatan pada kegiatan tersebut mendukung kegiatan PIL yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan kepada para veteran.

“BPJS (Kesehatan,red) bisa kasih tau info prosedur pelayanan dan hak-hak veterannya. Kalo kita (Dinkes) bisa kasih info dan tanya jawab seputar program hidup sehat. Akses informasi bagi veteran kan masih kurang, jadi ya harus kita datangi, kita edukasi langsung seperti ini,” tutur Desna yang juga merupaka seorang dokter.

Ketua LVRI Kabupaten Asahan bersyukur telah memperoleh informasi langsung dalam pemanfaatan JKN-KIS sehingga ia sangat mendukung program JKN-KIS.

“Indonesia punya program JKN-KIS yang sangat bermanfaat bagi kami yang sudah berjuang dalam kemerdekaan ini dan kami mengira cuma kami aja (veteran) yang dapat kartu, ternyata istri sebagai tanggungan juga mendapatkannya. Bagus sekali (Program JKN-KIS) lah,” ungkap ketua Veteran RI kabupaten Asahan, Bungaran Tua Pasaribu.

Keterbatasan fisik para veteran juga tidak menyurutkan langkah untuk membaca dan menerapkan pola hidup sehat.

“Terima kasih kami sudah diberitahu dan juga diberikan buku panduan layanan yang bisa kami baca-baca di rumah. Pendengaran kami memang banyak yang sudah mulai berkurang tapi mata dan semangat kami untuk membaca dan hidup sehat masih kuat untuk Indonesia ini,” tutup Bungaran.

File :