Perkokoh Sinergi Antar Lembaga, BPJS Kesehatan Gelar Turnamen Futsal Antar Lembaga

Penulis : Humas Dibaca : 157 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 07 Jul 2018 00:00:00
Jakarta (07/07/2018) - Implementasi tahun program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola BPJS Kesehatan berjalan telah berlangsung lebih dari 4 tahun. Sebagai salah satu rangkaian kegiatan HUT BPJS Kesehatan ke-50, serta dalam rangka meningkatkan upaya promotif dan preventif juga memperkuat hubungan kemitraan dan silaturahmi antar lembaga dan stakeholder Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan menggelar Turnamen Futsal Antar lembaga, di Jakarta, Sabtu (07/07).
 
"Melalui turnamen futsal pada hari ini kami juga mengajak Bapak/Ibu mitra BPJS Kesehatan untuk ikut menerapkan serta menghimbau masyarakat menjalankan pola hidup sehat. Kami juga berterima kasih atas komitmen dan partisipasi Bapak/Ibu mitra BPJS Kesehatan untuk terus bersinergi dan turut menyukseskan implementasi Program JKN-KIS. Kerjasama yang selama ini dibangun juga merupakan wujud gotong royong yang nyata dalam menjadikan Indonesia yang lebih sehat," ujar Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris. 

Fachmi menambahkan, dalam menjalankan implementasi JKN-KIS, BPJS Kesehatan juga fokus terhadap upaya promotif-preventif. Salah satunya adalah membudayakan hidup sehat dengan berolahraga, yang ditanamkan kepada masyarakat luas, sehingga masyarakat dapat terjaga kesehatannya dengan baik. Oleh karena itu, meskipun telah ada jaminan pembiayaan melalui Program JKN-KIS, kesehatan masyarakat harus tetap dijaga dengan baik.

"Saat ini program JKN-KIS telah menjadi program jaminan kesehatan terbesar di dunia, jika melihat jumlah kepesertaannya yang telah melampaui 199 juta dan dilaksanakan melalui pendekatan single payer institution. Angka pemanfaatan total dari tahun 2014 sampai dengan 2017 pun sangat luar biasa besar mencapai 640,2 juta pemanfaatan baik di fasilitas kesehatan tingkat pertama maupun tingkat lanjutan. Diharapkan dengan optimalisasi program promotif preventif, angka pemanfaatan tersebut berkurang dan masyarakat menjadi lebih sehat," kata Fachmi.

Fachmi juga berharap, melalui kegiatan Turnamen Futsal ini dapat memperkokoh sinergi antar lembaga khususnya dalam menyukseskan implementasi Program JKN-KIS. Kita sadari bahwa keberhasilan dan keberlangsungan Program JKN-KIS tidak lepas dari dukungan dan sinergi lintas lembaga. Apalagi ke depan, target dan tantangan dalam pengelolaan Program JKN-KIS semakin besar, untuk itu diharapkan seluruh lini  dalam Program JKN-KIS harus merapatkan barisan demi keberlangsungan program yang merupakan amanat undang-undang ini.

Sampai dengan 1 Juli 2018, tercatat sebanyak 199.133.988 jiwa penduduk di Indonesia telah menjadi peserta program JKN-KIS. Dalam memberikan pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan kesehatan telah bekerja sama dengan 22.247 FKTP yang terdiri atas 9.881 Puskesmas, 5.023 Dokter Praktik Perorangan, 5.473 Klinik Non Rawat Inap, 643 Klinik Rawat Inap, 20 RS Kelas D Pratama, serta 1.207 Dokter Gigi. Sementara itu di tingkat FKTRL, BPJS Kesehatan telah bermitra dengan 2.397 RS dan Klinik Utama, 1.607 Apotik, dan 1.079 Optik.

File :