Rujukan Online Permudah Pelayanan Kesehatan

Penulis : Humas Dibaca : 443 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 13 Oct 2018 00:00:00
Cibinong (13/10/2018) -  Dengan mulai diterapkannya sistem rujukan online oleh seluruh Fasilitas Kesehatan di wilayah Kabupaten Bogor diharapkan kemudahan-kemudahan peserta dalam mengakses layanan dapat dirasakan secara langsung. Sistem rujukan online sendiri merupakan inovasi BPJS Kesehatan berupa digitalisasi proses rujukan berjenjang untuk kemudahan dan kepastian peserta JKN-KIS dalam memperoleh layanan di rumah sakit yang disesuaikan dengan kompetensi, jarak dan kapasitas rumah sakit tujuan berdasarkan kebutuhan medis pasien.

Salah seorang yang sudah merasakan penggunaan sistem ini adalah Amit, seorang peserta JKN-KIS kelas 2 yang didiagnosa menderita pengapuran pada bahu sebelah kanannya. Setelah memeriksakan dirinya ke Klinik Assalam, Amit dirujuk untuk dapat ditangani oleh dokter spesialis di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan.

Amit mengatakan awalnya heran kenapa dirinya dirujuk ke salah satu rumah sakit swasta, karena biasanya dia dirujuk ke rumah sakit milik pemerintah. Dirinya pun mengakui jika antrian di RS swasta tersebut tidak terlalu ramai sehingga waktu tunggu sampai dengan mendapat pelayanan dianggapnya cukup singkat, berbeda beberapa bulan yang lalu saat  dirinya dirujuk ke RS milik pemerintah, selain antriannya panjang, dirinya harus datang pagi pagi sekali untuk mendapatkan nomor antrian.

“Dengan sistem rujukan online ini peserta tidak lagi memperoleh surat rujukan yang kapan saja bisa tercecer. Dengan adanya rujukan online, semua data rujukan peserta akan terekam dari aplikasi di FKTP dan terhubung langsung ke aplikasi rumah sakit sehingga tidak lagi diperlukan surat rujukan,” ujar amit.

Amit bersyukur karena ternyata pilihan Rumah Sakit yang diberikan oleh Klinik Assalam sangat memuaskannya, selain antrian tidak panjang, jarak rumah sakit juga tidak jauh dari Klinik Assalam sehingga waktu tempuhnya cukup singkat, dokter yang menanganinya juga  sangat baik, sehingga dia berpendapat bahwa Rumah Sakit FMC Cibinong sangat nyaman untuk di datangi dan dijadikan tempat rujukan.

“Kini saya paham bahwa rumah sakit rujukan yang ditentukan untuk peserta dalam rujukan online sudah didasarkan pertimbangan untuk memberi kemudahan bagi peserta. Kemudahan lain yang saya rasakan adalah saya tidak perlu lagi membawa-bawa berkas rujukan ke rumah sakit, saya tidak perlu repot bawa-bawa print surat rujukan karena takut jatuh di jalan atau nanti malah jadi basah terkena air hujan,” tutup Amit.  (wb)

File :