Aplicares, Bentuk Transparansi Rumah Sakit Terhadap Peserta JKN-KIS

Penulis : Humas Dibaca : 353 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 28 Nov 2018 00:00:00

Kotabumi – Dalam rangka menyambut cakupan peserta JKN-KIS bagi seluruh penduduk Indonesia, maka BPJS Kesehatan terus melakukan peningkatan kualitas pelayanan kepada peserta JKN-KIS. Salah satu upaya tersebut diwujudkan BPJS Kesehatan dengan mengeluarkan inovasi baru bernama Aplicares dimana dengan inovasi tersebut peserta bisa mendapat informasi secara langsung mengenai ketersediaan kamar rawat di rumah sakit.

 

Seluruh rumah sakit di wilayah Kantor Cabang Kotabumi telah melakukan bridging antara dashboard rumah sakit dengan Web Service Aplicares milik BPJS Kesehatan. Hasil dari bridging ini menyediakan informasi ketersediaan tempat tidur di rumah sakit yang dapat diakses secara online oleh seluruh peserta JKN-KIS di manapun berada selama terkoneksi dengan jaringan internet.

 

Kepala  BPJS Kehatan Cabang Kotabumi Lia Y. Surosa menyatakan untuk meningkatkan pelayanan kami harus belajar dari kekurangan, dimana selama ini banyak peserta yang terkendala karena tidak mendapatkan informasi mengenai ketersediaan kamar dengan jelas.

 

“Sistem ini disebut Aplicares, jadi peserta selama ini banyak yang mengadukan tidak tersedia kamar untuk rawat inap. Dari situ BPJS Kesehatan berupaya supaya informasi mengenai kamar rawat selalu transparan, jadi kalau ada pihak rumah sakit menolak pasien dengan alasan kamar yang penuh, maka peserta bisa melihat secara realtime mengenai kamar rawat tersebut. Informasi kamar rawat tersebut bisa diakses pada link https://faskes.bpjs-kesehatan.go.id/aplicares/#/app/dashboard, dan rumah sakit juga secara transparan memasang dashboard pada rumah sakit masing-masing agar bisa dilihat secara langsung mengenai kapasitas kamar yang ada,” jelas Lia.

 

Hal tersebut disambut dengan antusias oleh pihak rumah sakit, salah satunya adalah Direktur RSD Mayjend HM Ryacudu, dr. Indra Husada Lubis, Sp.OG., saat ditemui di ruang kerjanya oleh Tim Jamkesnews, Jum’at (23/11).

 

“Kami berusaha untuk terus berbenah diri dalam memberikan pelayanan sesuai dengan komitmen yang telah kami sepakati. Salah satunya adalah dengan memberikan keterbukaan informasi tentang ketersediaan tempat tidur. Sarana tempat tidur rawat inap merupakan bagian dari fasilitas kesehatan yang digunakan bagi peserta untuk mendapatkan layanan kesehatan rawat inap sesuai hak kelas perawatannya. Informasi ketersediaan tempat tidur rawat inap dapat diberikan secara manual ataupun secara elektronik.

 

“Dengan adanya ketepatan dalam pemberian informasi ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan peserta terhadap layanan yang telah diberikan oleh rumah sakit,” ujar Indra.

 

Diharapkan dengan terbukanya informasi ini pelayanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan semakin meningkat dan meningkatkan angka kepuasan peserta terhadap program JKN-KIS. (FR/hy)

 



File :