Kisah Pengemudi Opang, Harapanku JKN-KIS Tetap Ada

Penulis : Humas Dibaca : 704 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 18 Apr 2019 12:12:02

Parepare (18/04/209) – Sejak hadir di tahun 2014 Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah banyak dirasakan manfaatnya, pemerintah berkomitmen memberikan perlindungan sosial di bidang kesehatan pada masyarakatnya dan menjamin pelayanannya tanpa diskriminasi.

 

Usman (53 tahun), peserta JKN-KIS dari segmen PBPU mengatakan telah merasakan manfaat prorgam ini, salah satunya  ketika dirinya mengalami vertigo yang mengganggu aktivitasnya sehari-hari sebagai pengemudi ojek pangkalan (opang).

 

“Selama ini  saya menggunakan kartu JKN-KIS  untuk berobat di Puskesmas ketika sakit batuk atau pilek saja. Namun pernah suatu ketika saya marasa pusing yang hebat, kepala saya terasa berputar-putar dan kehilangan keseimbangan disertai mual. Saat itu keluarga langsung membawa saya ke IGD Rumah Sakit Umum Daerah Andi Makasar Kota Parepare dalam keadaan setengah sadar karena vertigo yang saya alami,” terang Usman.

 

Vertigo adalah suatu keadaan dimana penderitanya merasa seolah-olah lingkungan sekitarnya berputar atau melayang, kondisi ini pula membuat penderitanya kehilangan keseimbangan sehingga kesulitan untuk sekedar berdiri atau bahkan berjalan dimana cara terbaik untuk menggambarkan vertigo adalah dengan memutar tubuh anda beberapa kali dan merasakan kondisi yang dihasilkan.

 

“Saya tidak mengeluarkan biaya dan mendapatkan pelayanan yang baik selama menjalani pengobatan di rumah sakit. Tak bisa dibayangkan kalau orang tidak mampu tiba-tiba harus menjalani perawatan di rumah sakit sedangkan ia belum menjadi peserta JKN-KIS. Saya yakin mereka tidak akan mampu membiayai pengobatannya. Biaya rumah sakit kan mahal,” tambahnya.

 

Oleh karenanya melihat manfaat JKN-KIS yang sangat luar biasa, Usman selalu menghimbau sanak keluarga dan tetangga sekitar tempat tinggalnya untuk mendaftar JKN-KIS. Bahkan Usman tak sungkan dan ikhlas mengantar para tetangganya yang belum mendaftarkan dirinya sebagai peserta JKN-KIS ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Parepare.

 

“Saya berharap sekali siapapun yang memimpin negeri ini, Program JKN-KIS sudah sangat baik dan harus dipertahankan keberlangsungannya karena sangat membantu masyarakat khususnya masyarakat yang tidak mampu,” ujar Pria yang berdomisili di Ujungbulu Kota Parepare ini menutup pembicaraan.



File :