Taufik: JKN-KIS Bantu Biaya Berobat Anak Dan Lancarkan Usaha Saya

Penulis : Humas Dibaca : 4493 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 15 May 2019 09:48:04

Selayar – Ditemui di kediamannya, Taufik Mus Muttaqin (47) menceritakan bagaimana awal mula anaknya didiagnosa Thalasemia pada tahun 2018. Siti Nurlatifah, balita berumur 4 tahun ini adalah salah satu peserta yang merasakan besarnya manfaat Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) hingga saat ini.

 

“Anak saya menderita Thalasemia sejak 2018 dan telah dirujuk dari RSUD KH Hayyung Selayar ke RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar, kemudian dirujuk lagi ke RS PMI Bogor. Hingga saat ini kontrol tiap 3 minggu sekali,” ungkap Taufik kepada Jamkesnews, Jumat (03/05).

 

Menurut Taufik, kalau dihitung-hitung obat yang tiap hari dikonsumsi anaknya harganya bisa mencapai jutaan rupiah sekali minum.

 

“Harga obatnya sekali minum bisa jutaan, Alhamdulillah semua dijamin Program JKN-KIS. Belum lagi perawatan lainnya, dan bila hemoglobinnya turun maka harus ditransfusi. Saya tidak bisa bayangkan tanpa Program JKN-KIS bagaimana saya bisa membawa anak saya berobat, kalau sebagai pasien umum tanpa JKN-KIS bisa gulung tikar usaha saya pak karena biaya berobatnya sangat besar,“ katanya.

 

Taufik yang merupakan peserta dari segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) ini mengatakan pelayanan yang diberikan di rumah sakit selama anaknya barobat dirasakan tanpa ada kendala, ruangan sesuai dengan hak kelas peserta dan pelayanan yang diberikan juga tidak ada perbedaan dengan pasien lainnya, petugasnya pun ramah dan baik hati.

 

“Alhamdulillah pak di sana pelayanannya mantap. Ruangannya terjamin dan bersih, diberikan hak kelas 1 sesuai dengan hak kelas kami sebagai peserta JKN-KIS. Pelayanannya tanpa dibeda-bedakan antara pasien umum dan JKN-KIS,” ucap Taufk sambil tersenyum puas.

 

Taufik mengucapkan rasa terima kasih kepada Pemerintah atas Program JKN-KIS yang sangat membantu keluarganya, ia juga menyampaikan harapan agar peserta lain tetap rutin membayar iuran JKN-KIS setiap bulan.

 

“Terima Kasih BPJS Kesehatan, semoga ke depannya dapat lebih baik lagi dalam menjalankan program ini untuk melayani peserta. Bagi masyarakat yang belum terdaftar sebaiknya segera ikut Program JKN-KIS karena sehat itu mahal dan program ini benar-benar sangat bermanfaat,” tutupnya. (WB/as)


File :