Warga Manfaatkan Layanan BPJS Kesehatan Di Masa Libur Lebaran

Penulis : Humas Dibaca : 298 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 04 Jun 2019 06:37:00

Manado, Jamkesnews - Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) memanfaatkan pelayanan di masa libur lebaran tahun ini.

Dari pantauan sampai dengan hari ini (08/06/2019) di sejumlah fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Manado, tampak aktivitas pelayanan berjalan lancar seperti pada hari kerja biasanya.

“Selaku peserta, saya merasa sangat terbantu dengan adanya kebijakan dari pihak BPJS Kesehatan yang tetap membuka pelayanan. Apalagi saat ini adalah masa liburan lebaran yang panjang,” ujar salah satu peserta JKN-KIS Denny Sibi.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, mulai dari H-7 sampai H+7 Lebaran 2019, atau tepatnya mulai tanggal 29 Mei hingga 13 Juni 2019, peserta JKN-KIS tetap bisa memperoleh jaminan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang ditunjuk BPJS Kesehatan, bahkan termasuk saat peserta mudik ke luar kota. Hal ini merupakan komitmen BPJS Kesehatan memberikan kemudahan portabilitas bagi peserta JKN-KIS.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado dr Nora Lumentut, menginformasikan pula bahwa pada kondisi gawat darurat, seluruh fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS. Selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis, maka akan dijamin dan dilayani. “Fasilitas kesehatan juga tidak diperkenankan menarik iur biaya dari peserta,” jelas Nora.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manado, Prabowo juga mengingatkan bahwa pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang status kepesertaannya aktif. Oleh karenanya, para peserta JKN-KIS diharapkan disiplin membayar iuran khususnya peserta yang sedang mudik dan selalu membawa kartu JKN-KIS.

Selama masa libur lebaran, selain pelayanan di Kantor Cabang, di rumah sakit pun melalui Petugas Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) rumah sakit, melayani juga untuk pendaftaran bayi baru lahir bagi peserta segmen mandiri, perhitungan denda layanan dan penanganan pengaduan, baik yang terkait dengan pelayanan rumah sakit maupun pengaduan yang perlu dieskalasi ke BPJS Kesehatan untuk membutuhkan solusi secepatnya.

Peserta JKN-KIS yang sedang mudik lalu membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota, maka dapat mengunjungi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut. “Layanan kesehatan bisa diperoleh peserta di FKTP yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” tutup Prabowo.


File :