Lebih Dekat Dengan Masyarakat Melalui MCS

Penulis : Humas Dibaca : 304 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 16 Aug 2019 16:48:21

Ternate – Jamkesnews, Dalam rangka percepatan Universal Health Coverage (UHC) , BPJS Kesehatan Cabang Ternate mengoptimalkan perluasan pendaftaran bagi peserta dengan  menghadirkan Mobile Customer Service (MCS) di Kelurahan Salahuddin Kota Ternate.

Upaya ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat mendaftarkan diri beserta keluarganya sebagai peserta  program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat  (JKN-KIS). Kegiatan MCS ini tidak hanya menyasar pendaftaran peserta baru, tetapi juga dapat melayani perubahan data peserta, pencetakan Kartu JKN-KIS, Pemberian Informasi, Penanganan Pengaduan serta registrasi Mobile JKN.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Ternate, Claudia M. Talibonso  mengungkapkan bahwa Kegiatan MCS ini adalah inovasi dari BPJS Kesehatan untuk mempermudah peserta dalam mengakses pelayanan maupun informasi tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan.

“Kegiatan MCS ini rutin kami lakukan setiap minggu, berpindah-pindah lokasi untuk menyasar peserta yang tidak sempat datang ke kantor untuk mengurus kepesertaannya maupun untuk mendapatkan informasi program JKN-KIS. Oleh karena itu, setiap minggunya satu petugas kami mendatangi tempat-tempat yang biasanya banyak orang berkumpul seperti puskesmas, kecamatan, kelurahan maupun kantor-kantor dinas yang ada di Kota Ternate,” tambah Claudia, Senin (12/08).

Sejak pertama kali dilaksanakan, animo masyarakat sangatlah besar, mereka yang biasanya tidak sempat datang ke kantor BPJS Kesehatan karena kesibukan masing-masing kini dapat memanfaatkan MCS.

Hal inilah yang dirasakan Jeffry Simanjuntak, salah satu peserta yang mendatangi MCS untuk melakukan perubahan fasilitas kesehatan. Ia merasa sangat terbantu dengan adanya MCS sehingga tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan.

“Saya beberapa kali melihat mobil MCS BPJS Kesehatan di beberapa lokasi di Kota Ternate tapi baru sekarang saya hampiri karena saya ingin merubah fasilitas kesehatan saya, dan ternyata bisa dilakukan di MCS ini. Petugas juga menyosialisasikan tentang Mobile JKN kepada saya dan saya langsung mendownload, ternyata untuk mengganti fasilitas kesehatan saya bisa langsung akses di HP saya. Sungguh inovasi yang sangat bagus dari BPJS Kesehatan, sangat membantu bagi peserta seperti saya yang tidak sempat untuk datang ke kantor BPJS Kesehatan,” ujar Jeffry menutup pembicaraan.(ik/cm)


File :