Presiden KSPI: Kepercayaan Buruh terhadap Program JKN-KIS Meningkat

Penulis : Humas Dibaca : 3684 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 02 Aug 2017 17:24:07
Jakarta (02/08/2017): Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja BPJS Kesehatan dalam mengelola Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang telah berjalan sudah 3,5 tahun. Hal ini Said Iqbal sampaikan saat audiensi dengan Direksi BPJS Kesehatan di Kantor Pusat BPJS  Kesehatan Jakarta (02/08).

"KSPI sangat mengapresiasi kinerja BPJS Kesehatan, banyak perbaikan yang telah dilakukan, semangat dan sikap untuk memperbaiki program ini dari seluruh Direksi dan pegawai BPJS Kesehatan sangat saya apresiasi. Di mata buruh kepercayaan terhadap Program JKN-KIS meningkat," ujar Said Iqbal.

Turut hadir dalam audiensi tersebut perwakilan dari Jamkeswatch, Dewan Majelis Nasional KSPI, Komite Aksi Jaminan Sosial, Konfederasi Serikat Pekerja Industri Obat, Semen, Pertambangan, Federasi Penerbitan Media dan Serikat Pekerja lainnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Said Iqbal meng-update beberapa informasi terkait mendorong kebijakan dalam hal kepesertaan bagi buruh serta beberapa hal yang saat ini harus menjadi perhatian dan menanti terobosan baru yang akan dikembangkan oleh BPJS Kesehatan dan Pemerintah pada khususnya. 

Sementara itu, Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris juga mengapresiasi atas upaya KSPI dan organisasi serikat pekerja lainnya dalam hal mendorong dan terus memantau serta memberikan masukan konstruktif kepada BPJS Kesehatan untuk terus melakukan perbaikan untuk kesempurnaan Program.

"Kami upayakan perbaikan dan koordinasi dengan stakeholder terkait agar program ini tetap berjalan dan manfaatnya dapat dirasakan bagi masyarakat juga kaum buruh. Kami juga memohon dukungan dan bantuan dari KSPI dan organisasi pekerja lainnya untuk mendorong pemerintah agar merealisasikan masukan-masukan yg bersifat konstruktif demi perbaikan program," ujar Fachmi Idris.

Di kesempatan yang sama Direktur Kepatuhan, Hukum dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan Bayu Wahyudi, menyampaikan secara teknis, tindak lanjut terhadap hal yang disorot oleh KSPI dan organisasi serikat pekerja lainnya, dalam waktu dekat akan dilakukan focus grup discussion (FGD) dengan stakeholder terkait bersama organisasi serikat pekerja. 

“Dalam menyusun kebijakan tentu kami harus melihat dari berbagai aspek termasuk aspek aturan dan hukum yang memayungi Program JKN-KIS agar sesuai dengan peraturan yang ada. Kami juga melibatkan stakeholder terkait, termasuk di dalamnya melibatkan organisasi serikat pekerja untuk menyampaikan masukan dan memberikan  gambaran sebenarnya terhadap realitas yang terjadi di lapangan,” tutup Bayu Wahyudi.

File :