BPJS Kesehatan Sasar Komunitas Nelayan

Penulis : Humas Dibaca : 237 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 10 Sep 2017 12:14:41
Lamongan - Sebagai upaya agar terwujudnya universal health coverage BPJS Kesehatan Cabang Gresik terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat salah satunya masyarakat kecamatan brondong yang masuk dalam Komunitas Rukun Nelayan blimbing dan brondong Kabupaten Lamongan.

"Rukun nelayan menjadi salah satu fokus kita untuk terdaftar menjadi peserta JKN-KIS, karena potensinya cukup besar sekitar 10.000 jiwa belum termasuk keluarganya", kata Farida Isnaini Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Gresik.

Selaras dengan Farida, Nur Wahid Ketua Rukun Nelayan Blimbing juga sangat ingin dirinya dan anggotanya terdaftar menjadi peserta JKN-KIS. "Kita ini sebelumnya punya asuransi kecelakaan tetapi asuransi itu tidak menjamin untuk kesehatannya, oleh karena itu kita ingin agar anggota kita kesehatannya juga terjamin" kata Wahid.

Sosialisasi tersebut juga ditanggapi positif oleh anggota Komunitas Rukun Nelayan yang hadir, salah satunya Khairul yang sehari hari bekerja sebagai nahkoda kapal. Menurut khairul dengan adanya sosialisasi ia dan rekan rekan Rukun Nelayan dapat lebih mengerti program JKN-KIS.

"Dengan ada sosialisasi ini kita calon peserta jadi lebih paham manfaat JKN-KIS, sehingga kita makin sadar pentingnya Jaminan Kesehatan" tutur Pria 49 tahun tersebut.

Adapun pencapaian kinerja Program JKN-KIS untuk BPJS Kesehatan Kantor Cabang Gresik sendiri yang mencakup Kabupaten Gresik dan Kabupaten Lamongan juga terus mengalami peningkatan. Sampai dengan 30 Juni 2017, jumlah peserta BPJS Kesehatan Cabang Gresik mencapai 1.616.809 jiwa. Termasuk di dalamnya peserta yang didaftarkan dan diintegrasikan dengan Program JKN-KIS oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Gresik melalui program KGS sebanyak 12.715 jiwa, dan Pemerintah Daerah Kabupaten Lamongan sebanyak 12.524 jiwa. 

Pertumbuhan jumlah peserta ini juga diiringi dengan pertumbuhan jumlah fasilitas kesehatan yang bekerjasama. Saat ini Kantor Cabang Gresik telah bermitra dengan 152  Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), yang terdiri atas 65 Puskesmas, 19 Dokter Praktik Perorangan, 7 Dokter Praktik Gigi Perorangan, dan 61 Klinik Pratama. Selain itu, BPJS Kesehatan Cabang Gresik juga telah bekerja sama dengan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas 22 Rumah Sakit, 2 Klinik Utama), 13 Apotek, serta 14 Optik.

File :