BPJS Kesehatan terus Berkomitmen Tingkatkan Pelayanan Peserta

Penulis : Humas Dibaca : 862 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 12 Sep 2017 17:15:17
Jakarta (12/09/2017) : Dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan terus berupaya melakukan edukasi kebijakan-kebijakan yang ada dalam program JKN-KIS guna meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai manfaat program jaminan kesehatan dan prosedur memperoleh pelayanan kesehatan khususnya bagi peserta JKN-KIS yang berasal dari pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN). Hal ini diungkapkan oleh Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari, dalam Seminar Sehari yang diselenggarakan oleh Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) bertemakan “Penyempurnaan SJSN” di Jakarta (12/09). “Anggota dari PWRI merupakan peserta yang telah lama menjadi mitra BPJS Kesehatan sejak era PT Askes, serta peserta yang harus kita edukasi dan update terkait dengan kebijakan terbaru BPJS Kesehatan. Tujuannya satu, agar peserta dapat memperoleh manfaat sesuai dengan haknya dan melalui sistem prosedur yang benar,” jelas Andayani Budi Lestari, Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Andayani juga mengungkapkan BPJS Kesehatan berkomitmen dalam meningkatkan mutu dan kualitas jaminan layanan kesehatan dengan meningkatkan koordinasi dengan fasilitas kesehatan, mempermudah akses dalam penyampaian informasi dan keluhan melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500-400 dan aplikasi Mobile JKN, serta yang tak kalah terpenting bagi para pensiunan adalah memperkuat program promotif preventif. “Kami berharap dengan adanya Program JKN-KIS, bapak dan ibu pensiunan dapat menikmati masa-masa pensiunan dengan tenang, tetap sehat dan tidak perlu khawatir lagi akan pembiayaan pelayanan kesehatan apabila dibutuhkan. Program-program promotif dan preventif BPJS Kesehatan juga bisa bapak ibu ikuti agar tetap bugar dan dapat beraktivitas setiap hari,” ujar Andayani. Andayani menjelaskan, ada banyak kegiatan promotif preventif yang dikelola BPJS Kesehatan dan dapat diikuti oleh peserta pensiunan. Misalnya olahraga sehat seperti senam osteoporosis, senam lansia, jalan sehat, sepeda santai, dan sebagainya. BPJS Kesehatan bekerjasama dengan FKTP dan Pemerintah Daerah setempat untuk penyelenggaraan kegiatan tersebut. Dalam kegiatan tersebut juga dibarengi dengan aktivitas Konsultasi Kesehatan dan Pemeriksaan Kesehatan oleh FKTP. Aktivitas promotif preventif lain yang diselenggarakan BPJS Kesehatan adalah Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) dilakukan dengan Edukasi Klub RISTI (Resiko Tinggi), Seminar Kesehatan, serta Mobil Promosi Kesehatan Keliling (mobil Promkes). Lalu ada kegiatan Skrining Riwayat Kesehatan yang dilakukan bekerjasama dengan instansi terkait serta skrining mandiri yang dapat dilakukan peserta melalui aplikasi Mobile JKN, Skrining Preventif Sekunder dilakukan bekerjasama dengan FKTP untuk pemeriksaan Deteksi Dini Kanker Serviks melalui IVA dan Papsmear dan skrining lanjutan Diabetes Melitus (DM). Program lain yang tak kalah memberikan manfaat bagi peserta JKN-KIS khususnya peserta yang menderita penyakit kronis adalah Prolanis atau Program Pengelolaan Penyakit Kronis. Prolanis diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kemandirian peserta dalam upaya memulihkan penyakit dan mencegah timbulnya komplikasi penyakit kronis serta meningkatkan status kesehatan bagi peserta Prolanis. Terdapat 7 aktivitas prolanis diantaranya, konsultasi medis, senam prolanis atau edikasi klub Prolanis, pemantauan status kesehatan berupa Pemeriksaan rutin setiap bulan (GDP/GDPP), Pemeriksaan rutin 3 sampai 6 bulanan (HbA1c), Pemeriksaan rutin 6 bulanan kimia darah (microalbuminuria, ureum, kreatinin, kolesterol total, kolesterol LDL, kolesterol HDL dan trigliserida), lalu terdapat keguatan home visit, pelayanan obat, mentoring spesialis, dan reminder (melalui SMS gateaway)

File :