BPJS Kesehatan Hadir Di Mal Pelayanan Publik Jakarta

Penulis : Humas Dibaca : 4136 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 12 Oct 2017 17:12:13
Jakarta (12/10/2017) : Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meresmikan  Mal Pelayanan Publik di DKI Jakarta, ditempat ini bisa menampung 327 layanan, 296 berasal dari Pemda DKI, 32 lainnya dari tujuh kementerian maupun lembaga. Pemprov DKI Jakarta menempatkan Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Penanaman Modal di gedung itu. Pemprov DKI Jakarta juga menggandeng BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Badan Pajak dan Retribusi Daerah, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, serta Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan untuk bersama-sama memberikan pelayanan di Mal Pelayanan Publik. 
Dalam acara ini juga ada penandatanganan MOU antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tentang pembentukan  Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta oleh instansi terkait termasuk BPJS Kesehatan, dan beberapa  Menteri yang hadir dalam penandatanganan tersebut adalah Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri PAN-RB Asman Abnur, serta Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil.  

“Mal Pelayanan Publik ini sangat membantu perizinan terintegrasi di Provinsi DKI Jakarta, semua pelayanan sudah tersedia.  Tekat kami adalah Setia melayani penduduk DKI Jakarta, yang dimaksud dengan SETIA yaitu Solusi, Empati, Tegas, Inovatif, Andal itu yang harus dilakukan di dalam Mal Pelayanan Publik ini ," kata Djarot dalam sambutannya di Mal Pelayanan Publik.

Adapun lokasi gedung ini berada di sebelah Gedung Nyi Ageng Serang. Gedung ini dipugar kembali oleh Pemprov DKI dan dijadikan lebih modern bentuknya. Djarot berharap Mal Pelayanan Publik dapat dibangun di berbagai daerah lainnya. Ia mengatakan Jakarta akan menjadi wilayah percontohan yang menerapkan layanan terpadu bagi masyarakat yang mudah dan cepat.

Sementara itu, Deputi Direksi Wilayah Jakarta, Bogor Depok dan Tangerang BPJS Kesehatan Mariamah mengungkapkan, sinergi yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta sejalan dengan strategi dan fokus utama BPJS Kesehatan. Selain akan semakin mempermudah akses pelayanan kepada peserta dan calon peserta JKN-KIS, dengan harapan akan meningkatkan kepuasan peserta.

“Di Mal Pelayanan Publik ini masyarakat ataupun peserta JKN-KIS dapat memperoleh informasi terkait Program JKN-KIS, pendaftaran, mutasi dan update data peserta, serta pencetakan kartu apabila kartu rusak atau hilang. Kami juga  menempatkan petugas BPJS Kesehatan agar dapat melayani masyarakat maupun peserta JKN-KIS,” ujar Mariamah.

Mariamah menambahkan BPJS Kesehatan juga telah bekerjasama dengan Mal atau instansi publik lain dalam membuka Point of Service (POS).  Ia berharap dengan adanya BPJS Kesehatan di Mal Pelayanan Publik juga dapat mendorong pertambahan peserta JKN-KIS sesuai dengan target menuju cakupan semesta di tahun 2019.

File :