Yuk Isi Skrining Kesehatan di Mobile JKN

Penulis : Humas Dibaca : 37070 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 11 Jul 2018 00:00:00
Batam, 10/07/2018  - Sebagai lembaga yang menyelenggarakan program JKN-KIS, BPJS Kesehatan tidak hanya terpaku kepada pelayanan kesehatan tapi juga program promotif-preventif kepada peserta JKN-KIS. Program promotif preventif tersebut antara lain meliputi implementasi prolanis, IVA/papsmear dan skrining Riwayat Kesehatan.

Skrining Riwayat Kesehatan ini bermanfaat untuk mengetahui potensi risiko terhadap 4 (empat) penyakit yaitu Diabetes Melitus, Hipertensi, Ginjal Kronik dan Jantung Koroner. Hal ini sangat diperlukan mengingat kebanyakan masyarakat baru sadar mereka mengidap penyakit tersebut ketika sudah mencapai fase lanjut. Oleh karenanya, dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengelola risiko penyakit-penyakit kronis tersebut sejak dini, BPJS Kesehatan pun menghimbau peserta JKN-KIS untuk melakukan Skrining Kesehatan 1 kali dalam setahun.

Retri Flori selaku Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer mengatakan bahwa sebelumnya peserta JKN-KIS hanya dapat melakukan skrining riwayat kesehatan secara manual melalui formulir skrining riwayat kesehatan yang disediakan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan atau fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, sekarang peserta JKN-KIS dapat melakukan skrining riwayat kesehatan melalui fitur skrining riwayat kesehatan yang terdapat di aplikasi Mobile JKN.

“Mengisi skrining kesehatan itu sangat mudah, apalagi sekarang sudah ada di aplikasi Mobile JKN”. Ungkapnya.

Setelah mengunduh aplikasi Mobile JKN dan log in, peserta mengisi data diri seperti nomor kartu JKN-KIS serta data diri lainnya. Setelah itu peserta dipersilahkan untuk menjawab soal-soal yang terdiri atas kebiasaan dan aktivitas sehari-hari, penyakit yang pernah diidap, riwayat penyakit dalam keluarga peserta, dan pola makan peserta. Apabila semua pertanyaan tersebut telah dijawab, maka peserta akan memperoleh hasil skrining riwayat kesehatan pada saat itu pula.

Apabila hasilnya adalah risiko rendah maka peserta JKN-KIS akan diingatkan untuk tetap menjaga pola hidup sehat dan melakukan latihan fisik rutin minimal 30 menit/hari. Namun apabila hasilnya adalah resiko sedang atau tinggi maka peserta akan dihimbau untuk konsultasi ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama untuk mendapatkan penjelasan terhadap hasil skrining riwayat kesehatan dan melakukan tes gula darah bila diperlukan.

Retri mengatakan tidak hanya peserta JKN-KIS saja yang mengisi skrining kesehatan, Duta BPJS Kesehatan pun wajib mengisi skrining kesehatan untuk memastikan risiko penyakit dan menjalankan pola hidup sehat.

“Untuk Kantor Cabang Batam, seluruh Duta BPJS Kesehatan diwajibkan untuk mengisi skrining, tanpa kecuali”.

Yuk isi skrining kesehatan sekarang. (aw/ms)

File :