Olah Raga 6 Menit Sehari Agar Badan Tetap Fit

Penulis : Humas Dibaca : 365 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 04 Sep 2018 09:07:41

Surabaya (04/09/2018) – Di depan para pekerja di lingkungan Jawa Post Grup, Brand Ambassador BPJS Kesehatan Ade Rai membagi tips hidup sehat dalam acara Goes To Company yang dilaksanakan di Ruang Metropolis Room, Graha Pena, Surabaya, Sabtu (25/08).

 

Mantan atlet binaraga Nasional ini mengajak kepada seluruh karyawan di lingkungan Jawa Pos Grup ini untuk hidup sehat hanya dengan melakukan 6 gerakan secara teratur dalam 6 menit sehari. Ketika orang sudah bekerja maka waktu untuk kegiatan olah raga jauh berkurang bila dibandingkan pada saat di bangku sekolah.

 

“Kunci untuk kita menjalani hidup sehat yaitu dengan membakar gula dalam tubuh yang merupakan sumber pokok permasalahan dalam kesehatan tubuh kita. Ketika kadar gula yang ada di pankreas meningkat maka gula akan disalurkan ke darah dan menjadi lemak,“ ungkap Ade Rai.

 

Dia juga menjelaskan bagaimana mengurangi kadar gula melalui program diet bukan berarti mengurangi makan atau tidak makan. Apalagi melakukan pendekatan diet yang tidak sehat seperti mengurangi jadwal dan porsi makan, makan 1 jenis makanan saja, merokok untuk mengurangi nafsu makan serta yang ekstrim memuntahkan makanan setelah makan sangat berakibat fatal terhadap kesehatan. Dampak dari diet yang tidak sehat bisa membuat tubuh jadi lapar, lemas, bosan serta kualitas kesehatan menjadi menurun.

 

“Olah raga sederhana dengan menjadikan tubuh kita sendiri sebagai beban dapat dilakukan melalui 6 gerakan selama 6 menit dalam 3 bulan. Aktivitas ini akan menjadikan otot kita menjadi kuat serta berat badan akan turun secara proposional,” kata Ade Rai.

 

Gerakan pertama yang dipraktekkan oleh Ade Rai adalah gerakan squats untuk pengencangan otot rangka, kedua, gerakan dengan menggunakan naik turun tangga dengan fokus kaki kanan dan kaki kiri, ke tiga gerakan lunges untuk pengencangan otot rangka dengan cara melangkahkan kaki ke depan, satu per satu atau bergantian.

 

"Gerakan keempat push-away di tembok dengan fokus ke tangan kanan dan kiri atau kedua-duanya fokus di triceps atau bisa juga push-up, gerakan ke lima plank dengan menarik siku menuju ujung kaki, sampai punggung sedikit membungkuk pastikan siku masih persis di bawah bahu serta tahan di posisi tersebut selama mungkin, yang terakhir atau keenam adalah gerakan sit-up,“ ujar Ade Rai sambil memperagakan semua gerakan tersebut dan menghitung hanya enam menit saja.

 

Dengan melakukan 6 gerakan olah raga sederhana tersebut, jika dilakukan secara rutin dan menjaga pola makan yang sehat maka niscaya kesehatan kita akan tetap terjaga. Dan yang pasti sebagai peserta JKN-KIS yang sehat maka iuran JKN-KIS yang kita bayarkan setiap bulan dapat membantu peserta JKN-KIS lain yang sedang sakit. Mau hidup sehat? Mari olah raga. (ar/na)


File :