Lebih Mudah dan Pasti Dengan Rujukan Online

Penulis : Humas Dibaca : 588 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 08 Oct 2018 08:49:14

“Sistem rujukan online ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dan kepastian bagi peserta JKN-KIS dalam memperoleh pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan dan indikasi medis.”

 

Cikarang (08/10/2018) - Selalu tersenyum dan ramah dalam memberikan pelayanan kepada pasien adalah hal yang harus dilakukan oleh setiap pemberi pelayanan. Seperti sosok Titi yang selalu siap melayani pasien yang datang ke fasilitas kesehatan tempatnya bekerja yang juga merupakan provider BPJS Kesehatan.

 

Sebagai petugas kesehatan yang langsung berhubungan dengan pasien, Titi memahami program JKN-KIS termasuk informasi-informasi terbaru, seperti rujukan online, untuk dapat disampaikan kembali dengan baik kepada pasien.

 

“Setiap ada pasien yang akan dirujuk, saya dan teman-teman di sini selalu memberi pemahaman mengenai sistem rujukan berjenjang program JKN-KIS,” ujar Titi.

 

Titi juga menambahkan, dengan adanya sistem rujukan online, Faskes Tingkat Pertama bisa mengetahui kompetensi-kompetensi yang dimiliki oleh rumah sakit, sehingga mempermudah dalam memberikan pilihan kepada pasien.

 

Sistem rujukan online ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dan kepastian bagi peserta JKN-KIS dalam memperoleh pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan dan indikasi medis.

 

Sistem rujukan dikembangkan menjadi rujukan berbasis kompetensi dan terintegrasi dalam sistem informasi untuk mempermudah peserta JKN-KIS, Fasilitas Kesehatan, maupun BPJS Kesehatan. Rujukan dilakukan secara real time dan online dengan data pada faskes perujuk yang langsung terkoneksi ke faskes penerima rujukan (Digital Documentation). Hal ini berdampak pada proses pelayanan kepada peserta yang menjadi semakin cepat karena data tidak perlu diinput ulang pada saat pendaftaran di rumah sakit. Hal ini juga akan mempermudah rumah sakit.

 

Di akhir pembicaraan Titi berharap agar BPJS Kesehatan terus meningkatkan koordinasi dan kemitraan yang lebih baik lagi kepada seluruh provider, juga selalu menciptakan inovasi-inovasi lainnya demi meningkatkan pelayanan yang berkualitas kepada peserta JKN-KIS (HK/nf)


File :