Dengan Adanya Rujukan Online Semua Menjadi Lebih Mudah

Penulis : Humas Dibaca : 351 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 11 Oct 2018 00:00:00
Palembang (11/10/2018) – Sistem rujukan online diciptakan untuk mengikuti perkembangan era digital dengan cara melakukan penyederhanaan terhadap pelayanan kesehatan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) pada fasilitas kesehatan. Melalui sistem ini aplikasi P-Care milik Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) sudah langsung terhubung dengan aplikasi VClaim di rumah sakit, sehingga rujukan realtime dan memberikan kepastian kepada peserta.

Kepala Puskesmas Pangkalan Balai, Periyani mengatakan keterlibatan semua pemangku kepentingan sangat penting untuk suksesnya rujukan online ini. "Puskesmas bisa melihat ketersediaan poli di rumah sakit, dan lebih dari itu kami bisa melihat ketersediaan spesialis sampai sub-spesialis di sebuah rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Dampak dari hal ini adalah peserta JKN-KIS menjadi lebih nyaman karena mendapat kepastian rujukan dan mengurangi lama antrean sehingga pelayanan menjadi lebih berkualitas dan kepuasan peserta meningkat” kata Periyani saat ditemui tim Jamkesnews.com, Rabu (10/10).

Dengan adanya rujukan online, pekerjaan di puskesmas jadi lebih mudah, simpel dan mengurangi penggunaan kertas, dengan demikian biaya administrasi jauh lebih ringan.

“Dari segi operasional, Puskesmas Pangkalan Balai bisa menerapkan efisiensi yang signifikan, terutama dalam hal  pemakaian kertas dan printer. Dulu kami menyediakan printer dan tinta kelengkapan rujukan, sekarang untuk persediaan tinta dan kertas menjadi hemat sehingga menjadi sangat efisien,” ucap Peri.

Peri berharap rujukan online semakin berkembang ke depannya sehingga dapat mempermudah pekerjaan, mengurai antrian dan bermanfaat bagi semua pemangku kepentingan khususnya peserta dan fasilitas kesehatan.

Di kesempatan yang sama Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang, Andi Ashar menambahkan bahwa rujukan online ini sama sekali tidak mengurangi dan tidak mengubah sistem rujukan yang ada, hanya sekarang dilakukan secara online untuk memberi kemudahan dan kepastian rujukan bagi peserta JKN-KIS.

"Peserta JKN-KIS justru akan mendapatkan pelayanan yang tepat dan berkualitas sesuai dengan kompetensi yang dimiliki pemberi pelayanan kesehatan. Saya dan tim di BPJS Kesehatan akan senantiasa mengedukasi masyarakat dan fasilitas kesehatan untuk mengetahui mekanisme rujukan online ini,” tutup Andi. (rw/md)

File :