Rujukan Online Dorong Faskes Tingkatkan Mutu Layanan Peserta JKN-KIS

Penulis : Humas Dibaca : 602 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 15 Oct 2018 09:55:47
Samarinda (15/10/2018) - BPJS Kesehatan terus berinovasi mengembangkan pelayanan untuk kemudahan bagi peserta dan fasilitas kesehatan, baik fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL). Inovasi tersebut bernama sistem rujukan online yang bertujuan untuk memberikan kemudahan dan kepastian bagi peserta JKN-KIS dalam memperoleh pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan dan indikasi medis.

Ani Widyastuti, seorang dokter keluarga di Klinik Media Farma Samarinda, mengungkapkan implementasi rujukan online di Klinik Media Farma telah berjalan dengan lancar, karena selama ini aplikasi P-Care telah mendukung rujukan online dan kliniknya telah terbiasa melakukan entry data secara real time.

“Memang kami masih mengalami sedikit tantangan dalam implemetasi rujukan online ini, terutama pada peserta yang telah berusia lanjut yang tidak didampingi keluarga masih memerlukan waktu untuk menjelaskan tentang alur rujukan online ini. Namun seiring berjalannya waktu pasti akan mudah dipahami oleh pasien. Sistem rujukan online suatu saat nanti akan menjadi pilihan yang tepat unuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi peserta JKN-KIS,” kata Ani.

Menurut Ani manfaat dari rujukan online ini adalah peserta dapat mengurangi waktu antrean di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan karena dalam rujukan online dapat mengetahui rumah sakit yang sudah penuh sehingga dapat memilih faskes rujukan yang tepat berdasarkan kompetensi, jarak, sarana/prasarana dan kapasitas rumah sakit, serta tentu saja yang sesuai dengan kebutuhan medis pasien.

"Bagi FKTP, manfaat yang dirasakan adalah kemudahan akses dalam memberikan rujukan pasien ke rumah sakit karena FKTP dapat mengetahui kompetensi yang dimiliki oleh rumah sakit, sehingga mempermudah dalam memberikan pilihan rujukan kepada pasien," jelas Ani.

Ani berharap dengan implementasi sistem rujukan online ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan  peserta JKN-KIS karena peserta mendapat kemudahan dan kepastian dalam mengakses layanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan pasien, dan pada akhirnya dapat meningkatkan kepuasan peserta JKN-KIS. (KA/ej)

File :