Perpres No.32 Tahun 2014 tentang Kapitasi Telah Terbit

Penulis : humas Dibaca : 17640 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 25 Apr 2014 16:23:20

Dalam rangka meningkatkan pelayanan di fasilitas kesehatan pertama seperti Puskesmas, khususnya dalam penyaluran dana kapitasi peserta BPJS Kesehatan, telah terbit Peraturan Presiden Nomer 32 Tahun 2014 tentang Pengelolaan dan Pemanfaatan Dana Kapitasi Jaminan Kesehatan Nasional pada Faskes Tingkat Pertama Milik Pemerintah Daerah.

Perpres tersebut menyebutkan, dalam pengelolaan dana kapitasi JKN, BPJS Kesehatan dapat melakukan pembayaran dana kapitasi kepada faskes tingkat pertama milik pemerintah daerah. Pembayaran dana kapitasi tersebut berdasarkan pada jumlah peserta yang terdaftar di fasilitas kesehatan tingkat pertama sesuai dari data BPJS Kesehatan.

Perpres Nomer 32 Tahun 2014 tersebut diterbitkan pada tanggal 21 April 2014. Sebelumnya, pemberian kapitasi kepada fasilitas kesehatan tingkat pertama terbentur oleh aturan Perda karena uang yang diterima harus masuk dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD) atau kas daerah. Diharapkan dengan terbitnya Perpres ini, fasilitas kesehatan tingkat pertama dapat memanfaatkan secara langsung dana kapitasi JKN tersebut. Dengan demikian faskes tingkat pertama dapat meningkatkan dan menguatkan mutu pelayanan kesehatannya kepada peserta BPJS Kesehatan.

Adapun secara lengkap Perpres Nomer 32 Tahun 2014 dapat diunduh di website BPJS Kesehatan www.bpjs-kesehatan.go.id. []


File :