Pertumbuhan Peserta Pekerja Informal BJPS Sumbagsel Capai 50 Persen

Penulis : humas Dibaca : 7115 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 28 Apr 2014 14:46:51

(dikutip dari Antar)

Sumsel : Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) bidang Kesehatan wilayah Sumatera Bagian Selatan menilai, pertumbuhan peserta pekerja sektor informal menggembirakan setelah mampu melewati target tahunan hingga 50 persen pada 28 April 2014.

"Jumlah peserta BPJS wilayah Sumbagsel yang meliputi Sumsel, Babel, Lampung, dan Bengkulu telah tercapai 50 persen dari target sebesar 400 ribu orang, untuk sektor informal hingga akhir tahun 2014. Tentunya, ini suatu capaian yang menggembirakan," kata Kepala Kantor Wilayah BPJS Sumbagsel Handaryo di Palembang, Senin (28/4).

Ia mengemukakan, pencapaian itu diluar perkirakan karena belum menginjak pertengahan tahun telah menembus angka 200 ribu orang peserta baru sektor informal.

Menurutnya, hal ini dipengaruhi oleh kesadaran masyarakat kelas menengah ke bawah mengenai pentingnya memiliki jaminan sosial bidang kesehatan.

"Pada prinsipnya, para pekerja informal berkeinginan jika sakit tidak perlu pusing memikirkan biayanya, karena sudah menjadi peserta BPJS dengan cara membayar iuran setiap bulan," ujarnya.

Ia menambahkan, para pekerja informal itu dapat menentukan sendiri layanan kesehatan yang akan dipilih berdasarkan dengan kesanggupan membayar iuran.

Untuk pelayanan kesehatan kelas I dikenai biaya Rp59.500 per bulan, kelas II Rp42.500, dan kelas III Rp25.500.

"Sejak Maret, seiring dengan penyempurnaan sistem, para pekerja dapat membayar secara bulanan atau sekaligus per tiga bulan, per enam bulan, atau setahun," ujarnya.

BPJS Kesehatan resmi diluncurkan pada 1 Januari 2014, untuk mewujudkan amanat undang-undang mengenai pemberian jaminan sosial secara menyeluruh kepada seluruh warga.

Adapun target peserta BPJS Kesehatan wilayah Sumbagsel mencapai 17,9 juta jiwa pada 2019. Sumsel sendiri dengan penduduk 7,4 juta jiwa, telah memiliki sebanyak 3 juta jiwa sebagai peserta BPJS. (ant/ds)


File :