BPJS Kesehatan Bridging System Dengan RSUD Margono Soekarjo Purwokerto

Penulis : humas Dibaca : 12868 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 28 Apr 2014 15:20:39
 

PURWOKERTO : BPJS Kesehatan merupakan badan hukum publik yang dibentuk oleh pemerintah untuk mewujudkan terlaksananya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang ditujukan bagi seluruh masyarakat di Indonesia. Pembentukan BPJS Kesehatan ini dasari oleh Undang-Undang No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS Pasal 14 yang menyatakan bahwa setiap orang, termasuk orang asing yang bekerja paling singkat 6 bulan di Indonesia, wajib menjadi peserta program Jaminan Sosial.

Pelaksanaan JKN melibatkan tiga unsur yang tidak dapat dipisahkan yaitu peserta, pemberi pelayanan dan BPJS Kesehatan. Dengan banyaknya fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan diketahui bahwa setiap Fasilitas Kesehatan membuat Sistem Informasi dengan berbagai platform, hal ini menyebabkan kesulitan yang akan muncul jika antar sistem akan berkomunikasi (BPJS Kesehatan dengan RS).

Dalam upaya meningkatkan mutu layanan yang lebih baik kepada peserta maupun terhadap provider layanan kesehatan (RS) — BPJS Kesehatan mengembangkan Bridging System yang di tandai dengan Penandatanganan Kesepakatan Pengembangan dan Implementasi Bridging System antara SIM BPJS Kesehatan dan SIM RS Margono Soekarjo pada tanggal (28/04).

Acara ini dihadiri Manajemen BPJS Kesehatan yang terdiri dari Direktur Teknologi Informasi BPJS Kesehatan- Dadang Setiabudi, Kepala Grup Strategi, Perencanaan dan Pengembangan TI - Siswandi, General Manager Divisi Regional VI Jawa Tengah – Andayani Budi Lestari dan Kepala Cabang Utama Purwokerto – Arief Saefudin. Sedangkan dari pihak RS Margono Soekarjo hadir Direktur Utama Rumah -  dr. Haryadi Ibnu Junaedi, SpB beserta jajaran direksinya.

Bridging system merupakan penggunaan fasilitas teknologi IT (web service) yang memungkinkan dua sistem yang berbeda pada saat yang sama mampu melakukan dua proses tanpa adanya intervensi satu sistem kepada sistem lainnya secara langsung ini bertujuan meningkatkan efektivitas entry data processing serta efisiensi penggunaan sumber daya dengan tetap menjaga keamanan dan kerahasiaan masing-masing sistem namun bersifat transparan. Sedangkan sasaran yang ingin dicapai dengan bridging system ini adalah mewujudkan pelayanan yang lebih lancar, efektif, efisien, kepastian pembiayaan, kecepatan klaim, serta kepuasan konsumen (pasien, pelayan, stakeholder)

1.       Maksud dan Tujuan Bridging system :

2.       Menghubungkan dua system yang berbeda

3.       Meningkatkan efektivitas entry data processing

4.       Efisiensi dalam penggunaan sumber daya (waktu, biaya, alat komputer, metode pelayanan, material), tenaga operator, waktu, space, data/informasi

5.       Transparansi tetapi tidak saling intervensi antara kedua system

6.       Hubungan kedua sistem dikelola dengan web service yang akan membatasi juga akses masing-masing

7.       Tingkat keamanan dan kerahasiaan masing-masing terjaga

8.       Kecepatan dalam proses pengelolaan baik klaim, piutang, verifikasi dll

Sasaran yang ingin dicapai dalam pelaksanaan Bridging System ;

1.       Dari sisi RS : Pelayanan lancar, efektif, Efisien, kepastian pembiayaan, kecepatan klaim, kepuasan konsumen (pasien, pelayan, stakeholder)

2.       Dari sisi BPJS Kesehatan : Akurasi data, validasi data, terkendali data pembayaran yang dpt dipertanggungjawabkan kepuasan konsumen (peserta, provider/RS)

3.       Dari sisi PASIEN : Cepat dalam proses, tepat dalam pelayanan, murah dalam pembiayaan, dan kepuasan sebagai pengguna jasa.

“Dengan terciptanya kesepakatan dalam pelaksanaan dan pengembangan Bridging System di RS Margono, maka Management BPJS Kesehatan dalam kesempatan ini menyampaikan penghargaan kepada pihak RS Margono sebagai  RSUD Tipe B di Indonesia yang pertama kali melaksanakan Bridging System SIM BPJS Kesehatan dengan SIM RS. Kiranya kerjasama untuk pengembangan sistem demi terciptanya mutu pelayanan yang baik bagi peserta tetap menjadi prioritas utama bagi kita semua,” ujar Dadang Setiabudi.

 


File :