BPJS Kesehatan, Harapan Bagi Anak-anak yang Menderita Kanker

Penulis : Humas Dibaca : 7060 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 28 Sep 2015 16:11:39

BPJS Kesehatan, Harapan Bagi Anak-anak yang Menderita Kanker

Testimoni tentang BPJS Kesehatan oleh: dr. Pudjo Hagung Widjajanto, Sp.A(K), PhD

(Dokter Spesialis Anak RSUP Dr. Sardjito, Yogyakarta)

 

Jakarta (07/09/2015) : Dokter Pudjo, begitulah beliau sehari-hari disapa oleh pasiennya, sosok bersahaja yang kesehariannya berpraktek di RSUP Dr. Sardjito  Yogyakarta, menangani banyak pasien kanker pada anak.  Dokter Pudjo mengungkapkan “Kebetulan saat ini saya berkecimpung di dunia Hematologi dan Onkologi, khususnya kanker anak. Jika dahulu sebelum ada Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan hanya kelompok masyarakat tertentu yang bisa memanfaatkan asuransi kesehatan seperti  Askes dan Jamkesmas misalnya, maka sekarang masyarakat umum pun bisa mendapatkannya melalui JKN.”

                Pengobatan kanker lanjut dia, rata-rata membutuhkan waktu yang relatif lama, bahkan ada yang hingga 2 tahun atau lebih seperti  pada kasus Leukemia Limfoblastik Akut (LLA). Kondisi ini menjadikan  beberapa pasien menjalani pengobatan tidak sampai tuntas karena beban finansial yang berat bagi keluarganya. Namun, sekarang dengan adanya Program JKN yang dikelola oleh BPJS Kesehatan masyarakat luas bisa mengakses pelayanan ini dengan membayar iuran yang relatif terjangkau, khususnya bagi masyarakat menengah kebawah yang merasa sangat terbantu.

                Menurutnya “JKN saat ini mengarah kepada pelayanan yang lebih baik, seperti terlihat dengan adanya perbaikan dari waktu kewaktu. Di sisi lain perlu senantiasa ditanamkan lebih jauh di masyarakat bahwa prinsip dari JKN adalah gotong royong melalui cara subsidi silang. Selain mendapatkan hak pelayanan atas kesehatannya, peserta juga harus mematuhi ketentuan yang digariskan termasuk kewajiban dalam membayar iuran untuk keberlangsungan JKN.”

                Pudjo menambahkan, bagi peserta yang sedang tidak sakit secara tidak disadari mereka telah membantu meringankan beban peserta lainnya yang membutuhkan, terlebih bagi yang harus menanggung beban berat karena sakitnya seperti pada anak yang menderita kanker. Dengan kata lain sesama peserta turut saling membantu mewujudkan kesehatannya.

                Menurut Dokter berkacamata ini, selain membantu masyarakat umum untuk berobat, dampak positif adanya BPJS Kesehatan juga telah banyak memberikan perubahan pelayanan di dunia medis. Kesadaran pasien dan masyarakat akan kesehatannya meningkat, dokter pun semakin meningkat kemampuannya dalam mengobati pasien karena meningkatnya cakupan fasilitas kesehatan yang disediakan program JKN BPJS Kesehatan. Pudjo berharap agar program JKN yang dikelola oleh BPJS Kesehatan dapat terus berjalan karena sangat membantu masyarakat maupun tenaga medis dalam meningkatkan kemampuannya sehingga pelayanan yang diberikan dapat menjadi lebih baik.

                Dokter Pudjo menyampaikan bahwa, “Saya selaku dokter merasa puas dengan adanya program JKN karena telah meningkatkan kesehatan pesertanya, sementara saya dapat turut andil didalamnya. Tetapi sekiranya kepuasan yang telah mencapai 100 persen sekalipun, tetap diperlukan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik dalam pelaksanaan program JKN guna mewujudkan jaminan kesehatan yang lebih baik bagi semua,” tutup Pudjo.


File :