Manfaat JKN-KIS Bagi Abidin, Istri dan Anak Tersayang

Penulis : Humas Dibaca : 672 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 14 Jan 2019 11:01:25

Hulu Sungai Tengah (14/01/2019) – Berprofesi sebagai pedagang siomay dan batagor merupakan kesibukan sehari-hari pria bernama Abidin ini. Ia  berjualan dari siang hingga malam hari di sekitaran Pujasera Barabai.

 

Sebelum menjadi peserta JKN-KIS, sebenarnya ia telah mendengar kabar tentang adanya program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS)  dari temannya. Namun kesibukannya berdagang setiap hari membuat Abidin saat itu belum sempat menyisihkan waktu untuk mendaftar menjadi peserta. Hingga pada suatu hari dirinya bertemu dengan salah seorang pembeli dagangannya yang ternyata adalah pegawai BPJS Kesehatan. Ia diceritakan mengenai manfaat dan pentingnya program tersebut, hingga akhirnya  ia mantap untuk mendaftar menjadi peserta JKN-KIS hingga saat ini.

 

Setelah menjadi  peserta JKN--KIS  ia merasakan manfaat yang sangat berarti. Beberapa waktu lalu, istrinya mengalami sakit gigi yang cukup parah sehingga ia harus dirujuk ke Rumah Sakit Pambalah Batung Amuntai. “Alhamdulillahnya, walaupun dirujuk sampai Amuntai, pelayanannya nyaman dan tidak ada tambahan biaya sama sekali. Sungguh tak dapat saya percaya bahwa berobat seperti ini tidak mengeluarkan biaya,” ujarnya.

 

Tak berselang lama, giliran anaknya yang jatuh sakit. Saat itu, anaknya menderita demam berhari-hari. Dan setelah menjalani pemeriksaan anaknya didiagnosa menderita demam berdarah sehingga langsung dibawa  ke rumah sakit dan harus dirawat selama 4 hari di RSUD H. Damanhuri.

 

“Tak saya sangka, dengan iuran  sejumlah Rp76.500,-  untuk kami bertiga perbulannya, saya sudah tidak perlu kuatir lagi memikirkan biaya berobat karena semua dijamin BPJS Kesehatan. Sebanyak apapun kita dalam mencari nafkah jika sudah berbenturan terhadap penyakit bisa jadi semua uang yang sudah dikumpulkan selama ini akan habis. Biaya berobat kan mahal dan kita tidak tahu kapan datangnya sakit,"  tutur Abidin.

 

Abidin menyayangkan masyarakat yang belum mendaftar dan menjadi bagian dari program nasional yang memiliki banyak manfaat ini. Ia berharap, ke depannya program JKN-KIS akan selalu ada untuk menjamin pelayanan kesehatan masyarakat dan tetap berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik lagi.

 

“Yang paling penting walaupun sudah menjadi peserta JKN-KIS kita harus selalu sehat dan menjaga kesehatan. Biar saja iuran yang kita bayarkan digunakan peserta lain yang sakit, sekalian beramal kan. Dan pastinya kalau ternyata  suatu saat kita sakit, kita lebih  tenang karena sudah ada JKN-KIS yang akan membantu kita,” tutupnya. (KA/rz)



File :