JKN-KIS Pelayanannya Sesuai Harapan

Penulis : Humas Dibaca : 1506 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 17 Jan 2019 09:32:12

Sukabumi (17/01/2019) - Sebagai seorang pensiunan Pegawai Negeri Sipil, bagi Supyana Iskandar (65) peran Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sangat bermanfaat. Seperti saat ia harus menjalani operasi mata di akhir tahun 2018 yang lalu.

 

Kala ditemui di kediamannya di Kelurahan Nanggeleng Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi, Supyana nampak bersemangat menuturkan pengalamannya. Keluhan awal yang dirasakan Supyana adalah penglihatannya tidak terlalu jelas terutama mata sebelah kiri. Awalnya ia mengira karena ukuran lensa kacamatanya yang berubah. Ia pun mendatangi optik terdekat untuk mendapatkan ukuran yang lebih sesuai. Tetapi petugas optik tersebut menemukan adanya kelainan pada retina Supyana dan menyarankannya untuk berobat lebih lanjut terlebih dahulu ke dokter spesialis mata.

 

Berbekal kartu KIS di tangan, Supyana tahu betul harus menempuh alur pelayanan mulai dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat ia terdaftar. Hal ini tak membuatnya ragu untuk menjalani sendiri proses berobatnya.

 

“Saya mah sudah biasa berobat pakai kartu KIS, apalagi sekarang bukan hanya Puskesmas yang bisa dipilih sebagai tempat berobat. Banyak dokter keluarga dan klinik yang sudah kerja sama dengan BPJS Kesehatan yang bisa kita pilih juga, bagus itu,” ungkap Supyana, Selasa (14/01).

 

Setelah berkonsultasi dengan dokter keluarga tempat Supyana terdaftar, ia lantas dirujuk untuk melanjutkan pemeriksaannya ke poli mata di Rumah Sakit Islam Assyifa Sukabumi. Seperti yang diharapkan, pelayanannya pun cepat dengan petugas yang sigap melayani. Setelah diperiksa oleh dokter spesialis mata ternyata Supyana harus kembali mendapatkan rujukan ke Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut.

 

Menghadapi kenyataan bahwa sangat besar kemungkinan tindakan operasi menjadi hasil pemeriksaan dokter, Supyana tetap yakin bahwa Program JKN-KIS ada untuk menjaminnya. Dengan adminitrasi lengkap, ia berangkat ke Bandung dan menjalani langkah demi langkah alur pelayanan yang ada di Rumah Sakit Cicendo. Mengetahui bahwa rumah sakit tersebut adalah pusat rujukan pelayanan mata seluruh Indonesia, Supyana memaklumi dengan banyaknya pasien yang berobat ke sana.

 

“Ya namanya juga rumah sakit nasional, saya ketemu banyak peserta JKN-KIS lain yang dirujuk, ada yang kondisi penglihatannya lebih parah dari saya. Alhamdulillah ada program ini, sangat membantu,” ujar Supyana.

 

Dari hasil pemeriksaan dokter serta penunjang yang lain, Supyana harus mendapatkan tindakan operasi untuk memperbaiki kelainan di retina mata kirinya tersebut. Walaupun harus menunggu jadwal operasi yang telah ditetapkan, sampai saat operasi dan perawatan yang Supyana jalani, dilaluinya lancar tanpa kendala.

 

“JKN-KIS pelayanannya sesuai harapan, petugas rumah sakit ramah melayani dan siap membantu. Yang saya sangat syukuri adalah tidak adanya biaya yang saya keluarkan untuk semuanya, Alhamdulillah,” tutur Supyana menutup ceritanya.

 

Di penghujung pertemuan, Supyana pun berharap masyarakat tidak ragu menjadi peserta  JKN-KIS untuk membantu sesama yang membutuhkan dengan cara membayar iuran tepat pada waktunya. (JS/ne).



File :