Operasi Tumor Jinak, JKN-KIS Mudahkan Segalanya

Penulis : Humas Dibaca : 750 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 08 Mar 2019 09:12:00

Banjarmasin (08/03/2019) - Fatimah merupakan salah satu Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dari segmen PBI APBN yang berasal dari kota Banjarmasin.  Sebagai peserta, Fatimah telah  merasakan langsung manfaat JKN-KIS ketika ia harus menjalani operasi tumor jinak di bagian tubuhnya dan saat menghadapi persalinan beberapa waktu lalu.

 

“Saya menggunakan kartu JKN-KIS untuk berobat lebih lanjut ketika dokter mendiagnosa ada tumor di bagian dada saya yang harus dioperasi. Tumor tersebut sebenarnya sudah sempat lama ada di tubuh saya, namun karena kendala biaya, saya jadi tidak berani untuk berobat ke dokter. Memikirkannya saja tidak sempat. Ekonomi keluarga saya memang sulit, jadi akan makin terbebani rasanya bila harus berobat ke dokter,“ tutur Fatimah.

 

Namun demikian Fatimah bisa bernafas lega ketika mengetahui JKN-KIS menjamin biaya pelayan kesehatan sesuai prosedur yang berlaku.

 

”Alhamdulillah JKN-KIS memudahkan segala urusan saya. Awalnya jujur saja saya masih khawatir jika ada biaya yang harus dibayar mengingat biaya operasi yang mahal. Tapi sekarang saya bisa berobat hingga operasi, semua ditanggung kartu JKN-KIS ini.” ujar Fatimah membagikan pengalamannya, Selasa (26/02).

 

Fatimah sangat bersyukur karena pemerintah telah memperhatikan dirinya dan keluarganya dengan didaftarkan menjadi perserta JKN-KIS.  Ia juga paham betul dengan sistem gotong-royong yang digunakan pada Program JKN-KIS ini. Oleh karenanya ia menyampaikan terima kasihnya kepada peserta JKN-KIS lainnya yang telah mau bersama-sama bergotong royong, dimana yang sehat membantu yang sakit dan yang mampu membantu yang kurang mampu.

 

Menurut Fatimah, 2 kali telah mendapatkan manfaat pelayanan kesehatan menggunakan JKN-KIS, pelayanan yang ia dapatkan sangat baik. Pelayanannya  cepat dan ramah, tidak memandang pasien dari kalangan apapun.

 

“Mungkin dengan adanya beberapa berita miring yang beredar di masyarakat membuat Program ini dipandang sebelah mata, namun hal itu akan berbeda apabila telah merasakan manfaat program ini. Saya harap masyarakat semakin sadar dan bersama-sama bergotong royong membantu sesama menyukseskan Program JKN-KIS,” tambah Fatimah.

 

Fatimah menyampaikan terima kasih kepada pemerintah yang telah membuat program JKN-KIS ini yang baginya sangat banyak membantu masyarakat mudah dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. (KA/gn)



File :