Memberikan Manfaat Luar Biasa, Program JKN-KIS Harus Tetap Ada

Penulis : Humas Dibaca : 239 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 16 Mar 2019 00:00:00

Dumai (16/03/2019) – Andi Putra (36), bapak dari tiga orang anak ini sehari-hari bertarung dengan panasnya matahari, dan berjuang untuk menghidupi keluarga kecilnya dengan menjadi seorang kuli bangunan. Sementara Rosita (32) istrinya selalu setia menemani perjalanan kisah hidup Andi hingga dititipkan tiga buah hati yang melengkapi keluarga kecilnya.

 

Keterbatasan ekonomi merupakan salah satu kendala bagi keluarga ini sehingga mereka sering kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk kesehatan yang telah menjadi sebuah kebutuhan yang sangat mahal apabila tidak dijaga dengan baik.

 

Andi menceritakan pengalaman istrinya yang merasakan manfaat program JKN-KIS. Rosita sejak setahun lalu telah didiagnosa mengidap tubercolosis (TB) paru sehingga harus menjalani perawatan di rumah sakit karena TB Paru yang diidapnya telah menyebabkan menumpuknya cairan pada paru-Paru atau biasa disebut dengan efusi pleura.

 

“Pada saat itu istri saya mengalami sesak pada dadanya hingga dilarikan ke RSUD Duri. Setelah melewati beberapa pemeriksaan ternyata terdapat penumpukan cairan di parunya sehingga pada sore itu juga pihak rumah sakit langsung mengambil tindakan operasi untuk mengeluarkan cairan pada parunya,” kenang Andi saat di temui di rumahnya, Jumat (08/03).

 

Ia menambahkan hingga saat ini istrinya pun masih harus melakukan kontrol ulang ke RSUD Duri.

 

“Pada awalnya saya dan keluarga mendaftar sebagai Peserta Mandiri (PBPU), tetapi sejak bulan Oktober 2018 kepesertaan saya dialihkan karena didaftarkan menjadi Peserta Bantuan Iuran (PBI) sehingga iurannya ditanggung Pemerintah Kabupaten Bengkalis,” terangnya.

 

Program JKN-KIS bukan hanya menjadi penolong bagi keluarga Andi tetapi juga menjadi penolong bagi seluruh keluarga‘yang juga menjadi peserta JKN-KIS.

 

“Apalagi kata-kata yang bisa kami ucapkan selain terima kasih yang sebesar-besarnya atas hadirnya program JKN-KIS, dan kami juga berharap agar program ini terus berlanjut karena manfaatnya benar-benar nyata. Iuran yang dibayarkan bisa dibilang sangat kecil jika dibandingkan manfaat yang akan diterima. Jadi program ini memang harus terus ada karena manfaatnya yang luar biasa,” ucap Andi tersenyum. (aw/ir)



File :