Maryati, Bertahan Hidup Melawan Stroke Dengan JKN-KIS

Penulis : Humas Dibaca : 247 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 06 May 2019 07:58:31

Sorong – Maryati (71) merupakan peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sejak 2015 lalu dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang iurannya dibayarkan pemerintah daerah setempat.

 

Saat dijumpai Kamis, (18/04) Maryati yang sehari-harinya menggunakan tongkat untuk berjalan ini menceritakan kisah hidupnya yang bertahan dengan bantuan kartu JKN-KIS.

 

Saat terserang stroke, Maryati merasakan pusing, keram dan muntah-muntah hingga pada puncaknya ia merasakan badannya miring ke kanan dan tak bisa dikendalikan lagi hingga tak sadarkan diri.

 

“Awal 2014 yang lalu, saya divonis dokter terkena stroke sehingga harus dirawat di Rumah Sakit Herlina Sorong selama seminggu sebagai pasien umum karena waktu itu belum terdaftar menjadi peserta JKN-KIS. Seluruh tabungan saya selama berjualan habis digunakan untuk biaya pengobatan saya,” cerita Maryanti sambil mengenang masa-masa sulit dirinya.

 

“Sejak tabungan saya habis untuk biaya pengobatan, saya terpaksa meminjam ke saudara dan teman-teman untuk biaya hidup, apalagi saya ini tidak punya siapa-siapa sekarang. Tapi bersyukur sekali saya kini sudah didaftarkan pemda untuk menjadi peserta JKN-KIS.  Tak henti-hentinya sekarang mengucap syukur kepada Tuhan, bisa mendapatkan manfaat dari KKN-KIS ini,” ungkap Maryati.

 

Maryati menceritakan, sekarang ia juga telah terdaftar sebagai peserta Prolanis di Puskesmas Malaimsimsa Sorong dan rajin mengikuti kegiatan-kegiatan yang disediakan untuk bisa menjaga kesehatannya.

 

“Untuk saya yang tidak punya apa-apa dan siapa-siapa ini, merasa sangat tertolong dan bergantung dengan kartu ini, di tas saya selalu ada kartu JKN-KIS saya untuk digunakan mengambil obat rutin, berobat ke Puskesmas atau kadang dirujuk ke Rumah Sakit jika harus menjalani terapi. Tak henti-hentinya mengucap syukur dengan Program JKN-KIS ini. Semoga semua pihak yang membantu suksesnya BPJS Kesehatan ini mendapatkan pahala yang berlimpah dan diberkati sepanjang hidupnya, terima kasih,” tutupnya sambil tersenyum. (TR/ws)



File :