JKN-KIS, Solusi Perlindungan Kesehatan Diri Dan Keluarga

Penulis : Humas Dibaca : 391 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 10 Jun 2019 10:22:10

Depok, Jamkesnews - Mahalnya biaya berobat membuat masyarakat semakin sadar akan pentingnya sebuah jaminan kesehatan untuk melindungi dan menjamin  pembiayaan pelayanan kesehatan pribadi juga keluarga. Hal itu yang disadari Chairul Irfan (32) sehingga ia mendaftarkan diri dan keluarganya menjadi peserta JKN-KIS.

Chairul mengungkapkan bahwa perkembangan teknologi di bidang kesehatan menjadi salah satu sebab semakin tingginya biaya pengobatan. Hal ini tentu dapat menjadi sebuah ironi di kala pendapatan ekonomi masyarakat  masih rendah, namun harus berobat dengan biaya mahal akibat penyakit yang dideritanya.

Beruntung kini sudah ada Program JKN-KIS yang dikelola berlandaskan prinisp gotong royong sehingga dapat menjadi solusi bagi masyarakat untuk dapat berobat dengan baik tanpa menjadikan mahalnya biaya pengobatan sebagai sebuah kendala.

Dengan skema asuransi sosial, masyarakat yang menjadi peserta JKN-KIS membayar iuran yang cukup terjangkau namun dengan manfaat yang sangat banyak dengan memberi jaminan pembiayaan pelayanan kesehatan berdasarkan prosedur yang berlaku. 

“Alhamdulillah sampai saat ini saya tetap sehat. Tapi saya tetap bayar iuran dan tidak pernah merasa rugi membayar iuran JKN-KIS. Sejak awal saya sangat paham pentingnya memproteksi diri dan keluarga. Jadi tidak ada alasan bagi saya merasa rugi mendaftar JKN-KIS dan membayar iuran. Justru kalau sampai dengan saat ini saya tidak pernah menggunakan kartu JKN-KIS saya merasa senang karena berarti saya sehat terus. Bagi saya proteksi dengan JKN-KIS bukan berarti berharap untuk menggunakan, tetapi sebagai bentuk antisipasi jika suatu saat saya atau keluarga sakit,” ujar Chairul, Rabu (29/05).

Chairul mengungkapkan bahwa ia juga menjadikan JKN-KIS sebagai ladang untuk beramal. Ia memahami betul bahwa iuran yang ia bayarkan selama ini digunakan untuk membantu peserta JKN-KIS lain yang sakit. Hal itu pun membuat ia semakin sadar dan semangat  membayar iuran secara rutin karena berarti sekaligus memperoleh amal kebaikan karena telah membantu sesama.

"JKN-KIS adalah solusi perlindungan diri. Iurannya terjangkau sementara manfaatnya tidak terhingga. Mudah-mudahan Program JKN-KIS bisa terus dikembangkan karena sangat membantu masyarakat," harapnya.

Ia pun menginginkan agar semua fasilitas kesehatan dapat bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam melayani masyarakat. Lebih lanjut ia mengajak kepada semua masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, agar segera mendaftarkan diri untuk memproteksi diri. (DT//mr)


File :