Kesibukan Tak Halangi Semangat Hanum Aktif di Klub Prolanis

Penulis : Humas Dibaca : 475 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 15 Jul 2019 09:14:00

Jakarta Pusat, Jamkesnews -  Siti Aisyah Hanum adalah salah satu peserta JKN-KIS yang telah merasakan manfaat Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis). Hanum, biasa ia disapa, merupakan seorang ibu rumah tangga yang menderita penyakit diabetes dan sekarang masih aktif mengikuti kegiatan Klub Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) di Puskesmas Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

“Awal saya tahu bahwa saya menderita diabetes karena semakin hari gigi saya banyak yang tanggal dan saya sering merasa lemas. Saya sempat menghiraukan hal itu, tapi semakin lama semakin lemas dan kadang benar-benar tidak berdaya. Akhirnya saya cek ke dokter dan disarankan untuk pemeriksaan laboratorium. Dari pemeriksaan itu saya mengetahui bahwa gula darah saya di atas batas normal,” ungkap Hanum, Selasa (09/07).

Prolanis merupakan suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi, melibatkan peserta, fasilitas kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka memelihara kesehatan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang menderita penyakit kronis. Dengan adanya Prolanis, Hanum merasakan telah mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih komprehensif.

Hanum lantas disarankan oleh dokter untuk bergabung bersama dalam klub Prolanis. Harapannya dengan tergabung dengan klub tersebut, ia dapat menjaga kesehatan dan hidup sehat bersama dengan para anggota klub Prolanis yang lain.

“Banyak perubahan yang saya alami sejak saya ikut bergabung dengan Klub Prolanis Puskemas Cempaka Putih. Kini tubuh saya lebih tubuh saya merasa segar dan gula darah saya lebih terkontrol karena diberikan fasilitas pemeriksaan gula darah puasa, konsultasi medis atau edukasi serta home visit,” tambah Hanum.

Sebagai ibu rumah tangga Hanum mengakui bahwa kesibukannya tidak menghalangi dirinya untuk selalu aktif dalam setiap kegiatan klub Prolanis yang diberikan.

“Tadinya sempat berpikir, kira-kira bisa tidak ya, ikut semua kegiatan klub. Alhamdulillah dengan membagi waktu, saya sampai sekarang bisa ikut rutin senam Prolanis yang dilaksanakan oleh Puskemas Kecamatan Cempaka Putih 2 minggu sekali,” tambahnya

Kini ia menyadari bahwa kesehatannya menjadi sesuatu yang sangat berharga. Menjadi bagian dari Program JKN-KIS adalah salah satu keuntungan bagi dirinya dan keluarga karena tak perlu pusing dan khawatir apabila sakit menimpa.(EM/rr)


File :