Di Pameran Budaya dan Pariwisata Kediri, BPJS Kesehatan Sosialisasikan Fitur Baru Mobile JKN

Penulis : Humas Dibaca : 471 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 14 Jul 2019 07:19:00

Kediri, Jamkesnews - Dalam rangka mendekatkan diri kepada pelanggan, BPJS Kesehatan Cabang Kediri turut berpartisipasi dalam pameran Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten kediri selama tanggal 7-13 Juli 2019. Melalui booth yang terletak di "Zona Pembangunan dan Investasi Kepariwisataan" ini, BPJS Kesehatan memberikan layanan pendaftaran peserta, penerimaan berkas perubahan data, konsultasi, maupun penyampaian keluhan dan pengaduan peserta.

Kala ditemui di kantornya (8/7) Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kediri Yessi Kumalasari menyampaikan bahwa yang menjadi fokus utama pelaksanaan pameran tahun ini adalah sosialisasi Mobile JKN, khususnya fitur baru yang ada didalamnya yaitu pendaftaran autodebet uang elektronik.

“Fitur ini baru diluncurkan bulan ini. Melalui fitur ini, peserta dapat berlangganan layanan autodebit atas uang elektronik yang dimilikinya. Intinya, peserta yang memiliki saldo mobile cash atau finnet dapat berlangganan layanan autodebet. Ini merupakan alternatif lain dari rekening bank,” ujar Yessi.

Yessi menambahkan BPJS Kesehatan terus berinovasi untuk meningkatkan kemudahan akses layanan kepada pesertanya, termasuk layanan pembayaran iuran. Melalui inovasi ini pihaknya berharap angka kolektabilitas iuran dapat terdongkrak, khususnya bagi peserta PBPU (mandiri).

“Kolektabilitas peserta PBPU Kantor Cabang Kediri mencapai 68,66 persen. Kami telah memetakan data penunggak berdasarkan jumlah tunggakannya. Dari data tersebut tampak bahwa penunggak terbanyak (45%) adalah peserta yang tidak membayar hingga 18 bulan atau lebih. Di peringkat kedua, penunggak terbanyak adalah penunggak yang belum melakukan pembayaran dalam satu bulan. Angkanya mencapai 15%. Melalui upaya penagihan yang kami lakukan, ternyata peserta ini lupa membayar tagihannya karena belum terbiasa. Disinilah pentingnya autodebit,” jelas Yessi.

Sejak awal tahun 2019 autodebit telah menjadi salah satu syarat pendaftaran JKN-KIS segmen PBPU. BPJS Kesehatan pun telah bekerjasama dengan Bank BRI, BNI, Mandiri dan BCA untuk pelaksanaan layanan autodebit bagi nasabahnya. Bagi peserta yang tidak memiliki rekening di bank tersebut, pelaksanaan autodebit dari rekening uang elektronik dapat menjadi alternatif baru yang patut dicoba. Untuk menggunakannya, peserta cukup mendaftar lewat aplikasi Mobile JKN dan mengikuti panduan terdapat di dalamnya. (ar/sw)


File :