Penyanyi Ini Sarankan Daftar JKN-KIS Mumpung Masih Sehat

Penulis : Humas Dibaca : 378 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 27 Jul 2019 09:23:00

Jakarta Selatan, Jamkesnews – Wajahnya terlihat sangat antusias, dan sesekali mengangguk mendengarkan penjelasan dari petugas BPJS Kesehatan. Dialah Joy Destiny Tobing (38), seorang penyanyi yang terkenal karena suaranya yang indah. Ia tengah berkunjung ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan, untuk mengurus beberapa keperluan terkait kepesertaannya di Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Kepada tim Jamkesnews, Joy pun menceritakan kesan dan pesannya.

“Saya sebenarnya sudah menjadi peserta JKN-KIS sejak tahun 2018 ketika saya mendapatkan kartu KIS dari kelurahan. Awalnya, status kepesertaan saya ditanggung oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam skema Penerima Bantuan Iuran (PBI). Segera saja saya pindahkan status saya menjadi peserta perorangan mandiri dan memilih kelas satu, karena saya merasa tidak nyaman dibayarkan oleh pemerintah sedangkan saya masih mampu membayar iuran,” ujar Joy.

Joy mengatakan, dirinya memang jarang menggunakan kartu KIS untuk berobat. Tapi, beberapa saudaranya banyak yang telah menggunakan bahkan untuk penyakit yang kronis. Yang membuat Joy kagum, semua bentuk layanan pengobatan diberikan secara menyeluruh untuk manfaat yang optimal bagi pesertanya.

“Saudara saya ada yang harus pasang ring jantung, ditambah komplikasi diabetes. Dan dengan memanfaatkan kepesertaan JKN-KIS benar-benar sangat membantu.  Puji Tuhan, saudara saya dijamin selama pengobatannya tersebut. Itulah yang semakin meyakinkan saya dan keluarga besar untuk menjadi peserta JKN-KIS yang taat dengan membayar rutin iurannya. Kalaupun kami tidak sedang pakai, kami semua yakin iuran ini akan digunakan oleh saudara-saudara kami yang lain untuk berobat,” lanjut Joy.

Menurut Joy, program JKN-KIS ini semakin hari semakin bagus dan terus berbenah. Salah satu yang Joy soroti adalah inovasi-inovasi yang diciptakan BPJS Kesehatan  salah satunya aplikasi Mobile JKN. Joy sangat kagum  dengan kemudahan yang diberikan aplikasi itu.

“Aplikasi Mobile JKN ini menurut saya terobosan keren dari BPJS Kesehatan. Apalagi, ada KIS Digital dimana saya tidak perlu lagi repot-repot bawa kartu KIS untuk berobat. Saran saya, aplikasi sebagus dan selengkap ini harus terus disosialisasikan ke masyarakat, supaya semakin banyak orang bisa menikmati kemudahannya,” kata Joy.

Terakhir, Joy mengajak seluruh masyarakat untuk menjadi peserta JKN-KIS dan terus membayar rutin iurannya.

“Kita tidak pernah tahu kapan akan sakit. Karena itu ayo kita semua jadi peserta JKN-KIS selagi sehat, dan bayar iurannya setiap bulan. Jangan merasa rugi karena sudah membayar iuran tapi tidak menggunakannya, karena JKN-KIS ini gotong royong. Kalau kita memang tidak pakai, iuran kita pasti digunakan peserta lainnya,” pesan Joy.(sw)


File :