Ada INSIDEN, Puluhan Pengendara Geruduk Kantor BPJS Kesehatan

Penulis : Humas Dibaca : 381 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 28 Jul 2019 09:13:00

Jakarta, Jamkesnews - Pagi ini, puluhan pengemudi kendaraan memadati Kantor Pusat BPJS Kesehatan. Jajaran kendaraan terparkir rapi, mulai dari vespa klasik, motor modifikasi, hingga Harley Davidson. Tak hanya kendaraan roda dua, deretan mobil berstiker komunitas tertentu juga nampak memenuhi halaman. Pengendaranya asyik berdiskusi soal Integrated System for Traffic Accidents (INSIDEN) dalam dialog pagi bersama BPJS Kesehatan, PT Jasa Raharja (Persero), dan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

Aplikasi yang dikembangkan BPJS Kesehatan bersama PT Jasa Raharja (Persero) ini telah diimplementasikan sejak 19 Maret 2018 dan berhasil masuk dalam jajaran Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 yang diselenggarakan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia beberapa waktu lalu.

"Kalau dulu, koordinasi penjaminan korban kecelakaan lalu lintas dilakukan secara manual. Keluarga korban harus mengunjungi Kantor Cabang PT Jasa Raharja (Persero) dan Kantor Cabang BPJS Kesehatan. Sekarang, proses penjaminan peserta JKN-KIS yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas pun menjadi kian mudah berkat INSIDEN," tutur Kepala Humas BPJS Kesehatan M. Iqbal Anas Ma''ruf dalam acara Meet Up with Community: Morning Ride, Pecinta Otomotif ke BPJS Kesehatan, Minggu (28/07).

Iqbal menjelaskan, kini keluarga korban tak perlu lagi mendatangi kedua kantor cabang tersebut karena proses koordinasi penjaminannya dilakukan melalui web service secara real time. Iqbal juga menyebut, kegiatan community relations ini juga merupakan upaya BPJS Kesehatan untuk membina hubungan yang baik dan harmonis dengan komunitas guna meningkatkan awareness dan loyalitas masyarakat.

"Informasi ini perlu kami sampaikan kepada para komunitas pengendara, dengan harapan bisa digetoktularkan pada masyarakat luas. Dengan demikian, akan tumbuh good will, good image dan mutual acceptance terhadap JKN-KIS dan BPJS Kesehatan, baik di lingkungan komunitas maupun masyarakat pada umumnya," harap Iqbal.

Hadir pula dalam acara tersebut, Kepala Divisi Pelayanan PT Jasa Raharja (Persero) Kantor Pusat Bambang Panular dan Kasi Kemitraan Direktorat Penegakan Hukum Korlantas AKBP Halim Rasyid.

"INSIDEN juga membawa kemudahan tersendiri bagi BPJS Kesehatan, PT Jasa Raharja (Persero) dan fasilitas kesehatan mitranya. BPJS Kesehatan dan PT Jasa Raharja (Persero) bisa berkoordinasi lebih cepat. Pihak rumah sakit pun bisa memantau prosesnya sehingga lebih transparan," kata Bambang.


File :