BPJS KESEHATAN PERKENALKAN FITUR TERBARU APLIKASI MOBILE JKN

Penulis : Humas Dibaca : 588 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 03 Aug 2019 09:27:00

Balikpapan, Jamkesnews – Dalam menghadapi era digital dan revolusi industri 4.0, BPJS Kesehatan melakukan pengembangan aplikasi Mobile JKN yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Untuk memberikan kemudahan peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan memberikan solusi pembayaran iuran dengan mudah dan praktis melalui aplikasi Mobile JKN.

Fitur terbaru pada aplikasi Mobile JKN ini yaitu fitur autodebet untuk pembayaran iuran tanpa harus memiliki rekening tabungan. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan Sugiyanto menjelaskan fitur terbaru tersebut kepada para awak media di Kota Balikpapan, Rabu (31/07).

“Fitur terbaru ini untuk mempermudah peserta JKN-KIS d dalam membayar iuran setiap bulannya. Peserta dapat mendepositkan dana ke dalam saldo akun mobile cash yang ada di day Untuk setiap bulannya, iuran yang wajib dibayarkan akan dipotong langsung melalui saldo yang ada di aplikasi tersebut. Tentunya hal ini akan mempermudah dan peserta JKN-KIS tak perlu lagi khawatir lupa untuk bayar iuran setiap bulannya,” ucap Sugiyanto.

Untuk pengisian saldo pada aplikasi dapat diisi melalui PT Pos Indonesia dan mini market serta tata cara pengisian dapat diketahui melalui aplikasi Mobile JKN. Namun tak hanya itu saja, bagi peserta JKN-KIS yang tidak memiliki smartphone sehingga tidak dapat menggunakan aplikasi Mobile JKN, dapat menggunakan autodebit model USSD (Unstructured Supplementary Service Data).

Peserta dapat melakukan pendaftaran autodebet melalui *141*999#. Di sana peserta JKN-KIS dapat melakukan pendaftaran pada menu daftar dan pengisian saldo pada menu top up.

“Tidak menutup kemungkinan bagi peserta yang belum memiliki smartphone untuk dapat melakukan pembayaran autodebet. Peserta dapat mengakses handphonenya melalui *141*999# bedanya hanya tampilannya saja selebihnya sama. Peserta dapat melakukan top up dan pengecekan saldo juga,” lanjut Sugiyanto.

Debi salah satu peserta yang hadir dalam pertemuan tersebut mengungkapkan, fitur terbaru pada aplikasi ini memudahkan bagi peserta agar tidak lupa membayar iurannya.

“Untuk fitur terbaru ini sangat membantu ya, apalagi saya punya orang tua yang masih harus dibayarkan iurannya. Jadi tak perlu khawatir lupa untuk bayar iuran, di awal bulan cukup mengisi saldo saja untuk beberapa bulan ke depan,” ucap Debi.

Pengembangan fitur ini merupakan upaya BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan yang terbaik dan mudah bagi peserta JKN-KIS. Selain itu, fitur terbaru ini juga merupakan upaya menekan angka piutang dari peserta JKN-KIS segmen peserta PBPU/BP atau peserta perorangan.

“Penambahan fitur ini merupakan salah satu upaya kami dalam memberikan pelayanan terbaik dan menekan jumlah tunggakan iuran dari peserta mandiri,“ tutup Sugiyanto.(KA/yo)


File :