Pekerja Terlindungi Program JKN-KIS, Produktivitas Perusahaan Meningkat

Penulis : Humas Dibaca : 234 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 10 Aug 2019 10:12:00

Baubau, Jamkesnews – Perlindungan kesehatan kepada pekerja merupakan salah satu faktor utama pendorong produktifitas kinerja, baik itu instansi swasta maupun pemerintah. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala K3 Pelabuhan Wanci Kabupaten Wakatobi,  Iman Sentosa (37) saat berkunjung ke Kantor BPJS Kesehatan.

Sebagai pegawai di Kantor Kesehatan Pelabuhan, dalam aktivitasnya Iman sangat sering berinteraksi dengan para tenaga kerja yang menggantungkan hidupnya sebagai pegawai kapal, anak buah kapal (ABK), serta buruh pelabuhan di Pelabuhan Wanci.

“Saya banyak berinteraksi dengan orang-orang yang bekerja di pelabuhan, sebagian besar dari mereka telah didaftarkan sebagai peserta JKN-KIS, tapi masih ada juga perusahaan yang belum mendaftarkan pekerjanya. Tentu hal ini sangat merugikan pekerja,” ungkap Iman

Menurut Iman, Pemberi Kerja dalam membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat harus telah dibarengi dengan pemenuhan hak-hak yang telah ditetapkan oleh ketentuan perundang-undangan.

“Jadi jangan gajinya saja yang dibayar, pekerja juga berhak atas jaminan sosial misalnya jaminan kesehatan. Dengan adanya jaminan kesehatan bagi pekerja dan keluarganya otomatis pekerja tidak perlu lagi memikirkan biaya berobat kalau dia atau keluarganya sakit,” tambah Iman.

Pekerja yang telah didaftarkan pada Program JKN-KIS lebih tenang dalam bekerja karena perusahaan telah menjamin kesehatan pekerja beserta keluarganya.  Mereka tidak lagi khawatir tentang biaya berobat di FKTP maupun Rumah Sakit jikalau mereka sakit, sehingga uang yang mereka kumpulkan dapat mereka gunakan untuk kepentingan lain ataupun sebagai tabungan masa tua.

“Mendaftarkan peserta pada program ini (baca: JKN-KIS) sebetulnya tidak hanya untuk pekerja semata, tapi juga sangat bermanfaat bagi anggota keluarga pekerja. Jika pekerja lebih tenang dalam bekerja otomatis mereka akan lebih fokus, dengan demikian perlahan-lahan akan berdampak terhadap produktivitas perusahaan ataupun instansi pemerintahan,” kata Iman.

Iman juga menghimbau masyarakat yang mendaftar secara mandiri, agar dapat rutin membayar iuran. Dengan rutin membayar iuran, Peserta dapat mengakses fasilitas kesehatan dengan lancar. Selain itu, meskipun telah terdaftar sebagai Peserta JKN-KIS masyarakat juga harus selalu menjaga pola hidup sehat, sehingga iuran yang dibayarkan dapat menjadi ladang pahala bagi orang lain yang menggunakan.


File :