Rusman : Tidak Khawatir Kartu Ketinggalan, Karena Sudah Ada KIS Digital

Penulis : Humas Dibaca : 413 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 01 Sep 2019 08:40:00

Mataram, Jamkesnews - Salah satu inovasi yang dibuat oleh BPJS Kesehatan adalah Mobile JKN. Mobile JKN merupakan aplikasi mobile yang bisa dipasang di ponsel yang memiliki sistem operasi Android maupun iOS. Beragam fitur yang ada sangat membantu masyarakat dalam mengakses layanan Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Rusman, pria yang bekerja sebagai petugas keamanan salah satu komplek perumahan di Kota Mataram merupakan peserta JKN-KIS yang memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN. Fitur yang menurutnya sangat membantu adalah KIS Digital.

“Awalnya sempat ragu kalau akan ditolak dengan hanya menunjukkan KIS Digital yang ada di aplikasi Mobile JKN saat berobat di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Tapi ternyata di tempat pendaftaran saya coba menunjukan KIS Digital, saya langsung dilayani dengan baik dan ramah oleh petugasnya. Dengan adanya KIS Digital, saya dan keluarga tidak perlu lagi membawa kartu fisik yang lumayan merepotkan," Ujar Rusman.

Selain KIS Digital Rusman memanfaatkan aplikasi Mobile JKN untuk mengubah beberapa data kepesertaan. Ia pun pernah menggunakan fitur ubah faskes yang terdekat dengan rumahnya.

“Selain dapat merubah fasilitas kesehatan, ternyata ada beberapa data yang bisa dirubah juga, ini sangat membantu sekali daripada harus datang dan antri di Kantor BPJS Kesehatan," Ungkap Rusman saat ditemui tim Jamkesnews di rumahnya, Jumat (30/08).

Mobile JKN juga memiliki layanan rating fasilitas kesehatan layaknya aplikasi terkenal seperti Gojek maupun Traveloka. Fitur ini sangat membantu bagi dirinya yang malu jika menyampaikan keluhan secara langsung ke fasilitas kesehatan.

Dengan adanya Mobile JKN, ia merasa mudah menyampaikan kritik dan saran agar pelayanan faskes menjadi semakin baik.

Ia mengakui, sangat mudah menggunakan aplikasi Mobile JKN. Dengan mendownload melalui Playstore lalu mengisi beberapa data yang diperlukan langsung dapat berubah secara otomatis. Aplikasi Mobile JKN ia rasa juga tidak memberatkan kinerja ponselnya yang relatif jadul. Aplikasi inipun aman karena menggunakan verifikasi baik nomor telepon maupun email. Ia tidak perlu khawatir jika datanya diubah oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Ia berharap ke depannya Aplikasi Mobile JKN dapat lebih canggih lagi dengan menambahkan beberapa fitur seperti uang elektronik maupun cashback. (Ay/yn)


File :