Suryani Bagikan Tips Tak Pernah Menunggak Iuran JKN-KIS Walau Penghasilan Pas-Pasan

Penulis : Humas Dibaca : 291 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 07 Sep 2019 09:13:00

Sorong, Jamkesnews – Lili Suryani (43) wanita yang kesehariannya merupakan Ibu Rumah Tangga ini selalu berkomitmen menjadi peserta JKN-KIS yang taat membayar iuran setiap bulannya. Saat ditemui tim Jamkesnews pada Rabu (04/09) di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Suryani membagikan tipsnya dalam membayar iuran JKN-KIS walau penghasilan kesehariannya pas-pasan.

“Suami saya pekerjaan sehari-harinya seorang buruh harian (supir truk), pendapatannya memang tidak menentu sebenarnya, tapi saya selalu pastikan sisihkan pengeluaran kami Rp5.000 sampai Rp10.000 dalam sehari supaya dalam sebulan bisa mencapai sekitar seratus lima puluh ribuan untuk bayar iuran JKN-KIS,” jelas Suryani.

Saat ditanyai apakah Suryani dan suami pernah merasa rugi atau ragu dalam membayar iuran JKN-KIS tersebut, ia menyatakan sangat bersyukur dengan adanya Program JKN-KIS karena memberi perlindungan jaminan kesehatan serta saling membantu dengan peserta lainnya.

“Alhamdulillah kami tidak pernah merasa rugi sama sekali, orang bilang kalau rutin bayar iuran JKN-KIS itu minta-minta sakit katanya. Tapi bagi saya merupakan pelindung bagi anak-anak, suami dan saya selama masih sehat, selama iuran kami lancar saya bisa lega karena nanti jika sakit dapat kami gunakan dengan baik. Kalau sehat ya syukur bisa membantu meringankan beban peserta yang lain,” pungkasnya terharu.

Suryani menceritakan dapat dengan lancar memanfaatkan kartu JKN-KIS miliknya saat proses melahirkan anak bungsunya. Ia mengungkapkan rasa bersyukurnya dan tak pernah membiarkan iuran JKN-KIS miliknya dan keluarganya tertunggak.

Suryani pun berharap semakin banyak masyarakat Indonesia yang sadar akan pentingnya membayar iuran secara rutin dan memastikan kartunya aktif setiap saat sehingga dapat digunakan dengan lancar jika sewaktu-waktu sakit.

“Untuk masyarakat seperti kami sangat bersyukur dengan adanya Program ini, saya harap semakin banyak masyarakat yang turut mendukung Program JKN-KIS ini dengan membayar iurannya setiap bulan agar kartunya selalu aktif. Jangan lupa juga untuk mengikuti prosedur serta alurnya dengan baik, Insya Allah kita semua diberi kemudahan dan diberi kesehatan oleh Allah SWT,” tutupnya. (TR/ws)


File :