Abrar: Pengobatan Saya Semua Dijamin JKN-KIS

Penulis : Humas Dibaca : 177 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 13 Sep 2019 09:27:00

Payakumbuh, Jamkesnews - Masyarakat Kota Payakumbuh saat ini sudah 98 persen terlindungi program JKN-KIS. Mamfaat program JKN-KIS bagi warga Kota Payakumbuh betul-betul dirasakan. Terutama bagi warga Kota yang mengalami sakit dan harus berobat di fasilitas kesehatan. 

Salah seorang Warga Bulakan Balai Kandi, Kota Payakumbuh, Abrar J, saat ditemui Tim Jamkesnews  RSUD Adnan WD Payakumbuh, baru-baru ini mengaku benar-benar merasakan manfaat Program JKN-KIS. Malah pria 70 tahun ini meminta Pemerintah memperkuat program JKN-KIS agar tetap berjalan dan semua masyarakat memiliki jaminan kesehatan di negeri ini.

Pria yang sudah mengenyam asam garamnya kehidupan ini mengatakan dengan adanya kartu JKN-KIS  tingkat kesehatan masyarakat semakin membaik, karena masyarakat yang sebelumnya sulit untuk mengakses fasilitas  kesehatan akibat tidak punya biaya, kini dengan bermodal kartu JKN-KIS sudah tidak perlu kesulitan dan khawatir akan biaya berobatnya. 

"Saya benar-benar merasakan manfaat kartu JKN-KIS ini. Karena dengan bawa kartu ini saya sudah dapat pelayanan kesehatan untuk segala penyakit saya, asalkan sesuai indikasi medis maka semua dijamin oleh BPJS Kesehatan. Bahkan saya mendapatkan pelayanan yang baik dari petugas Rumah Sakit. Tentu ke depan kita harapkan program ini makin ditingkatkan sehingga seluruh rakyat mendapatkan jaminan kesehatan," harap Abrar.

Lebih lanjut ia menceritakan bahwa dirinya didiagnosa Dokter mengalami sakit Jantung dan penyakit Mag Kronis, sehingga sering keluar masuk Rumah Sakit untuk dirawat inap. Tentu akan memakan biaya besar untuk dirawat dan beli obat selama dua tahun, namun ia lega karena semuanya dijamin dengan menggunakan kartu JKN-KIS.

Selama menjalani perawatan dan mendapatkan obat rutin tiap bulan, ia mengaku mendapatkan pelayanan yang ramah dari petugas rumah sakit Adnan WD Payakumbuh. Dia menilai pelayanan yang diberikan pihak Rumah sakit cukup memuaskan.

"Saya sudah 2 tahun ini setiap bulan memerlukan obat rutin. Sering kali dirawat, tetapi syukur seluruh biayanya dijamin karena saya memakai kartu JKN-KIS. Saya juga merasakan bahwa pelayanan yang diberikan memuaskan baik dari rumah sakit maupun dari BPJS Kesehatan, saya rasakan mamfaatnya," cerita Abrar yang langsung diiyakan masyarakat lainnya yang sedang menunggu di RS pagi itu.

Dia mengajak agar masyarakat lainnya yang belum menggunakan kartu JKN-KIS supaya segera memilikinya agar kesehatan terjamin. Abrar juga mengaku jika iuran yang dibayar harus diniatkan untuk sedekah. Sehingga jika tidak mengalami sakit, maka peserta lain yang sakit yang akan memanfaatkannya, dan secara tidak langsung berarti sudah terjadi gotong royong di antara sesama peserta.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh, Atmi Mesra menyebut bahwa seluruh warga harus atau wajib terdaftar sebagai peserta program JKN-KIS. Dikatakannya, dengan menjadi peserta program JKN-KIS berarti sudah memberi proteksi kesehatan kepada diri sendiri, istri, anak dan keluarga.

"Sebenarnya prinsip JKN-KIS adalah gotong royong, kami lebih menyebut sedekah iuran. Karena kita tidak mengambil keuntungan apapun, ini murni untuk pelayanan kesehatan. Kita tidak tahu kapan datangnya sakit, maka kita persipakan proteksinya dengan menjadi peserta JKN-KIS," sebutnya.

"Iuran yang kita bayar itu jelas bermamfaat bagi diri kita dan keluarga, dan hebatnya iuran yang kita bayar juga bermanfaat bagi orang lain, mudah mudahan bernilai pahala bagi kita," sebutnya berharap agar masyarakat yang belum bergabung dengan program JKN-KIS untuk segera mendaftarkan diri dan keluarga. (aw/rk)


File :