Sosialisasi JKN-KIS Optimalkan Pemahaman Masyarakat Kelurahan Koperapoka Mimika

Penulis : Humas Dibaca : 477 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 29 Sep 2019 09:16:00

Mimika, Jamkesnews - BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Mimika melakukan sosialisasi kepada masyarakat di Kelurahan Koperapoka. Hal ini dilakukan untuk memastikan seluruh masyarakat Indonesia telah terinfo dengan baik tentang pentingnya memiliki jaminan kesehatan khususnya di Kabupaten Mimika, Jumat (27/09).

Kepala Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Mimika, Susan G Gaspersz menyampaikan bahwa semua Warga Negara Indonesia (WNI), termasuk Warga Negara Asing (WNA) yang tinggal minimal 6 bulan di Indonesia, wajib menjadi peserta JKN-KIS. Untuk itu, kami berharap persebaran informasi tentang Program JKN-KIS juga sampai secara merata di seluruh pelosok Papua, bukan hanya di wilayah yang dekat dengan pusat pemerintahan saja. Wilayah-wilayah pedalamanpun harus terinfo dengan baik agar masyarakat paham prosedur pelayanan kesehatan.

“Tujuan kegiatan sosialisasi Program JKN-KIS untuk meningkatkan pengetahuan terkait hak dan kewajiban menjadi peserta dan memberikan persamaan persepsi terkait mekanisme untuk mendapatkan pelayanan kesehatan baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL),” ujar Susan.

Berbagai langkah yang dilakukan BPJS Kesehatan Kantor kabupaten Mimika agar program JKN-KIS dapat terus berjalan berkesinambungan diantaranya melalui perluasan cakupan peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) dan peningkatan kolektabilitas iuran peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau lebih dikenal sebagai peserta mandiri.

“Melalui sosialisasi ini, kami berharap warga Kelurahan Koperapoka yang hadir dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat yang tidak sempat hadir tentang manfaat dan kegunaan program JKN-KIS atas apa yang sudah kami sampaikan sebelumnya terkait program ini,” harap Susan.

Sementara itu, Kepala Kelurahan Koperapoka, Linus Dolame mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas waktu dan kesempatan dari BPJS Kesehatan Kabupaten Mimika dalam memberikan sosialisasi kepada warga kami di Kelurahan Koperapoka.

“Harapannya semoga sosialisasi seperti ini sering dilakukan khususnya di daerah-daerah yang sulit untuk dijangkau agar informasi penting seperti ini dapat dipahami langsung oleh masyarakat lebih khususnya kepada kami yang ada di Kelurahan Koperaoka. Dihimbau juga kepada warga yang hadir dapat menyampaikan informasi yang didapatkan kepada sanak saudara, tetangga maupun yang lainnya agar pemahaman tentang Program JKN-KIS ini benar-benar dipahami betapa pentingnya memiliki jaminan kesehatan,” tutupnya. (TR/jr)


File :