Marfuah Tak Pernah Merugi Menjadi Peserta JKN-KIS

Penulis : Humas Dibaca : 466 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 30 Sep 2019 10:07:00

Jakarta Pusat, Jamkesnews – Marfuah, begitu sapaannya setiap hari. Di usia yang memang sudah tidak muda lagi, bukan berarti dia tidak peduli dengan perkembangan teknologi. Dirinya selalu mencoba memperbarui pengetahuannya terhadap teknologi. Saat ditemui oleh Tim Jamkesnews, terlihat bahwa Marfuah sedang memahami berbagai macam kecanggihan yang terdapat dalam aplikasi Mobile JKN. Menurutnya, aplikasi yang diluncurkan oleh BPJS Kesehatan ini sangat membantu dirinya, salah satunya dalam mengubah data kepesertaan.

β€œIni menjadi kewajiban saya sebagai peserta, melapor ke BPJS Kesehatan jika ada anggota yang sudah meninggal dunia. Persyaratannya pun sangat mudah, hanya menunjukan kartu peserta, foto copy kartu keluarga dan surat keterangan kematian yang diterbitkan oleh rumah sakit atau kelurahan. Setelah itu pihak BPJS Kesehatan langsung memproses, sehingga data kepesertaan saya pun ter-update,” jelas Marfuah.

Sebagai salah satu peserta JKN-KIS yang sudah terdaftar sejak lama, Ibu yang masih aktif bekerja ini sangat bersyukur sudah menjadi peserta Program JKN-KIS. Meski dirinya belum pernah memanfaatkannya untuk berobat, dirinya sangat bersyukur karena telah menjadi salah satu orang yang berkontribusi terhadap negara dalam kesinambungan Program JKN-KIS.

"Selama saya terdaftar sebagai peserta, saya dan almarhum suami memang belum menggunakan kartu ini. Tapi bukan berarti dengan tidak menggunakannya, saya ini jadi rugi. Ini kan bisa dibilang kontribusi saya terhadap negara untuk membantu menyejahterakan masyarakat melalui program JKN-KIS,” ungkapnya.

Di akhir pertemuannya, Marfuah berharap agar BPJS Kesehatan terus dosialisasi mengenai Program JKN-KIS kepada seluruh masyarakat sehingga masyarakat akan terus mendapat informasi dan mengetahui manfaat yang dihadirkan dari program ini. Di tengah dinamika saat ini, Marfuah tetap yakin bahwa Program JKN-KIS ini akan  tetap ada dan dirinya tetap berkomitmen untuk terus aktif menjadi peserta. Tak lupa yang juga penting adalah menjaga kesehatannya agar iuran yang dibayarkan bisa menjadi manfaat bagi peserta lain yang membutuhkan. (EM/rr)


File :