Banyak Jemaat Gereja Yang Sudah Rasakan Manfaat JKN-KIS

Penulis : Humas Dibaca : 586 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 02 Oct 2019 08:50:44

Kebumen, Jamkesnews – Prima Adicahyo merupakan peserta JKN-KIS yang berprofesi sebagai pendeta Gereja Karangglonggong, Kebumen. Rumah Prima berlokasi tepat disebelah Kiri dari Gereja Kristen Jawa (GKJ) Karangglonggong. Saat ditemui tim Jamkesnews Prima menyampaikan tentang pandangan dan pengalaman saat melayani jemaat gereja mendapat layanan JKN-KIS.

“Program JKN-KIS dilihat dari segi manfaat sangat besar dan sudah banyak jemaat kami yang merasakan manfaat Program JKN-KIS, bahkan ada yang sampai pasang ring jantung yang biayanya puluhan juta dicover oleh program ini. Jika dilihat dari sisi besaran iuran masih tergolong murah jika dibandingkan dengan coverage biaya kesehatan yang begitu luas. Saya mendampingi langsung jemaat dalam memperoleh layanan JKN-KIS karena memang jemaat kami sebagian besar usianya yang sudah tua, sehingga saya paham betul mengenai layanan manfaat yang begitu menguntungkan bagi masyarakat Indonesia dari Faskes Tingkat Pertama sampai tingkat lanjut,” ungkap Prima, Senin (30/09).

Pendeta GKJ Karangglonggong ini menyampaikan bahwa JKN-KIS ini banyak sekali manfaat yang sudah dirasakan dan iuran JKN-KIS masih terjangkau pendapatan jemaat gereja. Menurutnya, JKN-KIS ini sejalan dengan program kami yang sudah berjalan di GKJ Karangglonggong yaitu program dana sosial.

"Dana ini bersumber dari pendapatan jemaat yang disisihkan untuk kepentingan jemaat yang lain dan berpuasa mengurangi porsi makan yang pengurangan porsi tersebut diuangkan sehingga apabila terdapat jemaat yang sakit atau meninggal, biaya yang muncul dapat ditanggung oleh dana sosial tersebut, berhubung sekarang ada JKN-KIS maka untuk sakit sudah ditanggung oleh Program JKN-KIS,” katanya.

Pada akhir wawancara, Prima menyampaikan harapannya untuk Program JKN-KIS agar program ini terus berjalan karena semenjak adanya program ini kami khususnya yang berada di desa sudah tidak bingung lagi apabila sedang mengalami sakit.

“Jika jaman dulu sakit kita jual tanah, motor atau materi lain tetapi untuk sekarang dengan adanya JKN-KIS kita hanya bayar iuran tepat waktu dapat terlayani dalam pemanfaatan layanan kesehatan,” ucapnya. (ma/rz)


File :