Berbagi Pada Sesama Lewat Program Donasi JKN-KIS

Penulis : Humas Dibaca : 338 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 05 Oct 2019 12:14:00

Jakarta, Jamkesnews – Melalui Program Donasi JKN-KIS, BPJS Kesehatan membuka kesempatan bagi perorangan, badan usaha, maupun lembaga lainnya untuk ikut berkontribusi menanggung masyarakat miskin dan tidak mampu yang belum terdaftar sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI), baik yang dijamin pemerintah pusat atau pemerintah daerah. Hal ini disampaikan oleh Kepala Humas BPJS Kesehatan M. Iqbal Anas Ma’ruf dalam acara Meet Up with Social Community, Jumat (04/10).

“Biasanya perusahaan memiliki dana Corporate Social Responsibility (CSR) untuk dialokasikan bagi kepentingan sosial. Nah, ini bisa dimanfaatkan melalui skema Program Donasi JKN-KIS. Namun perlu diperhatikan, yang dapat menjadi donatur adalah badan hukum yang telah mendaftarkan pekerja beserta anggota keluarganya sebagai peserta JKN-KIS. Jadi setelah hak karyawan terpenuhi, baru bisa ikut berdonasi untuk masyarakat yang membutuhkan,” kata Iqbal.

Ketentuan lainnya yang harus dipenuhi donatur dalam Program Donasi JKN-KIS ini antara lain iuran peserta harus dibayarkan minimal enam bulan di muka melalui satu Virtual Account selambatnya tanggal 10 setiap bulan. Selain itu, peserta Program Donasi JKN-KIS dan keluarganya harus didaftarkan pada kelas perawatan yang sama. Donatur juga harus menandatangani perjanjian kerja sama dengan BPJS Kesehatan.

“Saat ini sudah ada 413 perusahaan swasta di Indonesia yang telah berdonasi untuk membayarkan iuran JKN-KIS. Dengan turut serta dalam Program Donasi JKN-KIS, kita telah memberi sumbangsih yang besar untuk membantu sesama,” katanya pada acara yang dihadiri oleh sejumlah komunitas sosial yang tersebar di Jabodetabek ini.

Iqbal menambahkan, komunitas sosial bisa menjadi media yang tepat untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya berpartisipasi aktif dalam Program JKN-KIS. Melalui pendekatan sederhana word of mouth, diharapkan komunitas ini mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk turut serta menjadi bagian dari gotong royong besar JKN-KIS dengan menjadi peserta JKN-KIS dan membayar iuran tepat waktu.

Selain dihadiri oleh Dita Soedarjo, seorang enterpreneur yang aktif di berbagai kegiatan sosial, beberapa komunitas sosial yang turut meramaikan kegiatan ini antara lain Komunitas Peduli Generasi, Komunitas Bogor Mengabdi, Komunitas Jendela Jakarta, Komunitas Indonesia Memberi, Yayasan Indonesia Hijau, Sekolah Relawan, Yayasan Sahabat Anak, Menjadi Indonesia Pintar, dan lain sebagainya.

"Semua orang punya kesempatan untuk memulai sebuah kebaikan dengan membantu sesama yang membutuhkan. Salah satunya bisa melalui Program Donasi JKN-KIS ini," kata Dita pada kesempatan tersebut.


File :