Program JKN-KIS Tidak Memberatkan, Namun Menolong Semua Orang

Penulis : Humas Dibaca : 534 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 14 Oct 2019 08:26:07

Solok Selatan, Jamkesnews – Ketua Pimpinan Muhammadiyah Kabupaten Solok Selatan, Fidel Effendy mengapresiasi program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang bertujuan untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. Dengan hadirnya program JKN-KIS di tengah-tengah masyarakat, menjadi solusi bagi masyarakat yang selama ini kesulitan dalam mengaskses pelayanan kesehatan.

Alhamdulillah, dengan adanya program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan, menolong banyak masyarakat dalam menjamin dan meningkatkan derajat kesehatan,” ujar Ketua Pimpinan Muhammadiyah Kabupaten Solok Selatan, Fidel Effendy, Selasa (08/10).

Menurutnya program JKN-KIS merupakan program yang mulia karena di dalamnya mengusung prinsip gotong-royong, peserta yang sehat bersama-sama akan menolong yang sakit.

“Hal tersebut sesuai dengan ajaran agama kita, Dan saling tolong menolonglah kamu dalam mengerjakan kebajikan dan taqwa (Al-Maidah: 2),” ujar Fidel.

Fidel juga menyampaikan sejak adanya program JKN-KIS masyarakat tidak khawatir lagi dengan biaya berobat yang mahal, cukup dengan melihatkan kartu KIS masyarakat sudah bisa berobat di Fasilitas Kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan tanpa mengeluarkan biaya sepersen pun sesuai prosedur.

“Saya mengajak seluruh organisasi sosial, seluruh lapisan masyarakat, perusahaan swasta, untuk ikut program JKN-KIS agar terutama ketika sakit dapat merasakan manfaatnya,” tambah Fidel.

Tak lupa Fidel juga mengapresiasi pemerintah yang sudah mengikutsertakan masyarakat kurang mampu sebagai peserta JKN-KIS segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang iurannya dibayarkan oleh pemerintah.

“Ini merupakan salah satu bukti konkrit pemerintah sudah berupa menjalankan amanat Undang-Undang Dasar 1945 yaitu menjamin kesehatan warga negaranya,” ujar Fidel.

Fidel juga menghimbau peserta JKN-KIS agar membayar iuran dengan rutin dan tepat waktu, karena program JKN-KIS sangat dibutuhkan masyarakat termasuk juga tokoh agama di dalamnya, sehingga perlu dijaga kesinambungannya.

“Jadi program JKN-KIS tidak memberatkan, namun menolong semua orang,” tutup Fidel. (aw/ar)


File :